Pariwara Pemko Bukittinggi

Bukittinggi Borong Penghargaan Nasional di HARGANAS 2018

Manado, KABA12.com — Luar Biasa. Nama kota Bukittinggi kembali harum di tingkat nasional. Tidak tanggung tanggung, kali ini, dalam satu momen Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXV tahun 2018, Bukittinggi memborong tiga penghargaan sekaligus.

Walikota Bukittinggi H.M.Ramlan Nurmatias, SH kembali menerima penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat, yakni Manggala Karya Kencana tahun 2018. Selain Walikota, penghargaan Manggala Karya Kencana 2018, juga diberikan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bukittinggi, Ny.Hj.Yesi Endriani Ramlan.

Dua penghargaan itu, disematkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia, Puan Maharani, didampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, Plt. Kepala BKKBN, Sigit Priohutomo dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXV tahun 2018, di Kediaman Gubernur Sulawesi Utara di Bumi Beringin Manado, Jum’at (06/07). Tahun ini, kegiatan Harganas mengangkat tema, “Hari Keluarga, Hari Kita Semua”.

Penghargaan Manggala Karya Kencana yang diterima Walikota dan Ketua TP PKK Bukittinggi, berdasarkan Keputusan Kepala BKKBN Nomor : 57/KEP/02/2018 merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat dibidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Penghargaan ini, diberikan kepada Gubernur, Bupati, Walikota, Ketua TP-PKK tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Sosok Walikota, Ramlan Nurmatias dan Ketua TP PKK yang juga istri Walikota ini, diberikan penghargaan oleh pemerintah pusat, atas prestasi dan komitmen yang kuat serta kepemimpinannya dalam menggerakkan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil sejahtera bahagia. Progeam tersebut, merupakan program dari pemerintah pusat, yang tentunya patut didukung dan diterapkan di setiap daerah.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, memberikan apresiasi kepada instansi terkait dan masyarakat serta stakeholder kota yang telah mendukung program tersebut. Dengan komitmen serta kerja keras bersama, Bukittinggi kembali meriah penghargaan tingkat nasional yang dalam hal ini yakni penghargaan Manggala Karya Kencana.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras kita semua pihak bersama masyarakat kota Bukittinggi khususnya dibidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Penghargaan ini milik warga kota Bukittinggi, kami hanya menerimanya saja semoga ini menjadi motivasi untuk membuat kita bisa menjadi lebih baik lagi,” ujar Walikota didampingi isteri sesaat setelah menerima penghargaan itu.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Walikota dan Ketua TP PKK Bukittinggi, berdasarkan penilaian bahwa, Bukittinggi telah berhasil memberikan pelayanan KB serta mampu mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Selain itu, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) dinilai berhasil dalam meningkatkan partisipasi keluarga dalam kelompok kegiatan, seperti Bina Usaha Balita, Bina Usaha Remaja, Bina Usaha Lansia dan Kelompk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (KUPPKS) serta membangun Kampung KB di Kota Bukittinggi.

Tidak sampai disitu saja, masih dalam rangkaian HARGANAS XXV, selain daripada menerima anugerah Manggala Karya Kencana, berdasarkan keputusan Ketua Umum TP PKK Nomor : 16/KEP/PKK-Pst/VI/2018, Ketua TP PKK Bukittinggi, Ny.Yesi Endriani Ramlan, juga menerima satu lagi penghargaan tingkat nasional, yakni, Pakarti Madya I Tingkat Nasional. Penghargaan tersebut diberikan kepada TP PKK Bukittinggi, karena berhasil menjadi pelaksana terbaik program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan kategori Kota tahun 2018, melalui Kelurahan Belakang Balok Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB).

Ketua TP PKK Bukittinggi, Ny. Yesi Endriani Ramlan, menyampaikan, Pakarti Madya I Tingkat Nasional dibidang KKBPK Kesehatan ini diperoleh karena Bukittinggi, telah dinilai dari beberapa aspek peningkatan kuantitas dan kualitas penduduk, di bidang pemberdayaan keluarga, KB dan Kesehatan. Semua aspek itu, dilaksanakan di Bukittinggi dengan bertumpu pada kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK, Institusi KB-Kesehatan di Kelurahan bersama kader Dasawisma sebagai ujung tombak PKK serta keluarga sebagai fokus sasaran utamanya.

“Ini hasil kerja keras semua warga dengan semangat yang luar biasa, khususnya Kelurahan Belakang Balok serta instansi terkait. Mudah – mudahan prestasi ini tidak berhenti sampai disini saja tetapi terus ditingkatkan dan akan menjadi momentum bagi kelurahan – kelurahan lain untuk berprestasi di tingkat Nasional. Kita harapkan, semua warga Bukittinggi menduking program ini, untuk mewujudkan keluarga yang sehat, berkualitas dan sejahtera,” ungkap Ny. Yesi.

Sementara, Kepala Dinas P3APPKB, Tati Yasmarni yang turut mendampingi Walikota dan Ketua TP PKK dalam kegiatan Harganas XXV, menjelaskan, keberhasilan Bukittinggi di tingkat nasional ini, juga telah dibuktikan sebelumnya di tibgkat provinsi Sumatera Barat. Salah satunya, dala bidang pembinaan PIK R/M.

“Alhasil, Walikota dan Ketua TP PKK Bukittinggi, juga telah dianugerahi predikat sebagai Ayah dan Bunda GenRe Sumatera Barat. Disamping itu, untuk menjaga ketahanan keluarga, Ketua TP PKK, Ny. Yesi Ramlan melalui ide dan gagasannya merangkul SKPD terkait dengan membentuk program Sekolah Keluarga yang saat ini telah menjadi model dari banyak daerah lain di Indonesia,” ulasnya .

(Ophik)

1 Comment

1 Comment

  1. Afdal Sati

    8 Juli 2018 at 21:11

    Alhamdulillah…
    Terus maju kotaku
    Kita pasti bisa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top