alterntif text

Dinas Pertanian Agam

Distan Agam Optimalkan Vaksinasi Rabies

Lubukbasung, kaba12.com — Mengantisipasi merebaknya penyakit anjing gila, Dinas Pertanian Agam gencarkan vaksinasi rabies di berbagai wilayah di kabupaten Agam.

Program antisipasi rabies yang digelar, selain dengan vaksinasi pada hewan peliharaan khususnya anjing dan kucing, juga digelar sosialisasi kepada masyarakat di 16 kecamatan.

Seperti dijelaskan Kadistan Agam Arief Restu, didampingi Kasi.Kesmavet Distan Agam drh. Welya Roza, pihaknya berupaya mengoptimalkan program antisipasi di lapangan untuk menekan potensi masalah penyebaran penyakit rabies.

Ditambahkan, data yang dihimpun Distan Agam, tercatat dari Januari hingga Mei 2018, sudah 1.690 ekor anjing dan kucing yang sudah divaksin rabies.

“Sudah 1.690 hewan yang berpotensi terjangkit virus rabies yang sudah divaksin, dan kami akan terus melakukan kegiatan ini, ” jelasnya.

Ditambahkan, penyakit rabies selalu dikaitkan sebagai penyakit anjing gila, padahal sebenarnya rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh virus rabies yang menyerang organ saraf hewan.

Hewan-hewan yang biasanya menularkan virus rabies terdiri dari anjing, kucing, kera, kelawar, lembu dan banyak lagi yang termasuk hewan berdarah panas.

” Virus rabies terhadap lingkungan dan masyarakat sangat berbahaya apalagi terhadap anak-anak,” ujarnya.

Dijelaskan,hingga saat ini, belum ada laporan kasus gigitan hewan yang mengidap virus rabies tersebut.

” Walau demikian, Distan Agam tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dengan hewan yang berpotensi mengidap virus tersebut,” ujar Welya Roza.

Kadistan Agam Arief Restu juga berharap partisipasi masyarakat juga pro-aktif menyampaikan informasi pada Distan Agam terkait dengan potensi masalah rabies tersebut, sehingga langkah antisipasi bisa segera dilakukan pemerintah.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top