Kaba Terkini

Wabup Tanahdatar Jadi Joki Pacu Jawi

Tanahdatar, KABA12.com — Ajang pacu jawi di Luak Nan Tuo Tanahdatar menjadi buruan oleh para penghobi fotography dan masyarakat di Tanahdatar.

Atraksi yang sudah turun-temurun ini sudah menjadi event pariwisata tahunan bagi Tanahdatar, terutama pada momen lebaran seperti saat ini.

Secara khusus Wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma bertindak sebagai joki yang mengendalikan pacuan jawi di gelanggang lanyah Padangmagek Kecamatan Rambatan, Sabtu (23/06).

Zuldafri Darma turun masuk lumpur dan memegang kendali dua ekor jawi (sapi) yang diberi nama TD2. Disaksikan ratusan pasang mata masyarakat dan turis manca negara, atraksi Wabup itu menjadi magnet dan hiburan tersendiri bagi penonton.

Mengingat ini adalah permainan anak nagari dan unik, Wakil Bupati Zuldafri Darma himbau masyarakat dan OPD terkait untuk tetap melestarikan tradisi unik ini. Dikatakan, saat ini pacu jawi sudah buming dan sudah diabadikan oleh fotographer dalam dan luar negeri.

“Tidak hanya itu, saat ini event pacu jawi masuk nominasi Atraksi Budaya Terpopuler Indonesia (API) tahun 2018, mari kita dukung, dengan mengetik API 8C kirim ke 99386 via SMS,” sebutnya.

Wabup juga menyebutkan, event ini sangat bermanfaat, selain harga sapi-sapi ini naik hingga mencapai Rp.50 juta per ekor juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disekitarnya, karena banyak masyarakat yang berjualan aneka makanan, minuman dan lainnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top