Kaba Terkini

Bupati Ajak Warga Tanahdatar Vote Pacu Jawi Sebagai Atraksi Budaya Populer API 2018

Tanahdatar, KABA12.com — Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi mengajak seluruh ASN dan masyarakat Luhak Nan Tuo untuk memvote pacu jawi sebagai atraksi budaya terpopuler Indonesia dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018.

“Mari kita vote bersama-sama dengan cara ketik API spasi 8C kirim ke 99386”, ucapnya.
Menurut Irdinsyah, pacu jawi adalah event anak nagari yang saat ini sudah mendunia, “ini terbukti banyaknya para pencinta fotography dalam dan luar negeri yang datang untuk mengabadikan momen-momen menarik dalam balapan sapi di atas lumpur sawah tersebut, jadi mari kita dukung bersama-sama”, katanya lagi.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Edisusanto, bahwa Alek Pacu Jawi Tanahdatar masuk nominasi atraksi budaya terpopuler Indonesia tahun 2018.

“Pacu jawi akan bersaing dengan berbagai atraksi budaya dari kabupaten/kota di provinsi lain. Di antaranya, Lom Plai dari Kabupaten Kutai Timur, Parahu Baganduang, Kabupaten Kuansing, dan Irau Raya Lundayeh dari Kabupaten Nunukan. Selain itu ada juga Tari Angguk dari Kulon Progo, Tari Caci dari Manggarai Timur, Tari Saman dari Kabupaten Gayo Lues, Robo’ Robo’ dari Kabupaten Mempawah, Sekura dari Lampung Barat, dan Wadian Dadas dari Kabupaten Barito Selatan,” sampainya.

Kadis Parpora Tanahdatar, Edi Susanto mengatakan, pihaknya menyambut baik masuknya pacu jawi dalam kategori Atraksi Budaya Terpopuler. Pihaknya telah mensosialisasikan ini ke masyarakat dan perantau Tanahdatar.
“Sebab, kalau pacu jawi nanti menang, efeknya akan sangat besar sebagai branding promosi,” sebut Edi.

Selain pacu jawi ada beberapa kategori lainnya yang Sumbar berhasil menjadi nominasi. Diantaranya, Aia Aka dari Kota Bukittinggi yang masuk nominasi Minuman Tradisional Terpopuler, Kue Pare dari Kabupaten Pasaman yang masuk nominasi di kategori Makanan Tradisional Terpopuler, Lawang Park dari Kabupaten Agam masuk nominasi di kategori Dataran Tinggi Terpopuler.

Kemudian Balai Kaliki dari Kota Payakumbuh masuk nominasi Kampung Adat Terpopuler, Rumah Gadang Panjang dari Solok Selatan masuk nominasi di kategori Situs Sejarah Terpopuler, sedangkan Jembatan Akar dari Pesisir Selatan masuk nominasi kategori Wisata Unik Terpopuler.

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan Ajang Pariwisata Terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun dan didukung Kementerian Pariwisata RI.
(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top