Agam

Tertibkan Objek Wisata Disparpora Agam Butuh Regulasi Daerah

Lubukbasung, kaba12.com — Potensi Wisata Agam yang beragam masih belum bisa ditata dengan baik, terkendala akibat belum finalnya peraturan daerah tentang penataan objek wisata.

Dari beragam potensi wisata di daerah itu, pemerintah daerah harus bekerja ekstra dalam menyamakan visi dengan berbagai elemen masyarakat.

Pasalnya, 19 wisata yang terdaftar di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, hanya dua objek wisata yang menjadi tanggungjawab penuh pemerintah, yakni Banda Gadang Kecamatan Tanjung Mutiara dan Ambun Tanai Kecamatan Matur.

Hal itu dijelaskan Kabid Pengembangan Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata, Atriswan di Lubuk Basung, Sabtu (23/6). Selain dua objek wisata tersebut, tujuan wisata lainnya dikelola nagari dan swasta, sehingga pungutan karcis masuk dan parkir setiap wisata bervariasi karena belum dilakukan pembahasan dan belum optimalnya peran pemerintah untuk menata berbagai hal.

“Hal itu karena belum adanya peraturan daerah (Perda) tentang pengelolaan pariwisata, sehingga, unsur terkait kesulitan membenahi dan menertibkan, seperti yang sempat mencuat di beberapa lokasi wisata beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Atriswan, dua tujuan wisata yang menjadi tanggungjawab Disparpora Agam , pungutan karcis masuk dan parkir sudah sesuai dengan ketentuan.

Karcis masuk untuk anak-anak Rp.2.000, dewasa Rp.3.000, sedangkan parkir roda dua Rp.2.000, roda empat Rp.3.000 dan roda enam Rp.4.000.

Mengatasi masalah yang berkembang di lapangan itu, tahun ini, sudah dibahas Ranperda inisiatif DPRD Agam tentang pengelolaan pariwisata. Namun, hal itu, sebut Atriswan, butuh waktu cukup panjang sampai ditetapkan menjadi peraturan daerah.

“Jika Perda-nya sudah ditetapkan, meski wisata dikelola nagari dan swasta tetapi kita dari Disparpora Agam punya kekuatan untuk menertibkan objek wisata tersebut, khususnya pungutan karcis masuk, parkir dan lainnya,” tegaskan.

Hal itu diyakinkan Atriswan, sebagai upaya memberikan pelayanan pada para pengunjung termasuk salah satu upaya mendorong semakin banyaknya jumlah pengunjung ke berbagai tujuan wisata di kabupaten Agam.

Dukungan Perda tentang pengelolaan wisata itu sangat penting untuk mengantisipasi masalah di lapangan termasuk memaksimalkan pelayanan pada pengunjung di berbagai objek wisata di kabupaten Agam.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top