Agam

Kasus DBD Meningkat, Dinkes Agam Himbau Warga Jaga Lingkungan

Lubukbasung, kaba12.com — Kasus demam berdarah dangue (DBD) meningkat di wilayah Lubukbasung. Peningakatan itu terjadi beberapa bulan terakhir, menyusul semakin meluasnya penyebaran DBD di beberapa kawasan.

Beberapa kasus DBD yang dihimpun kaba12.com terjadi di wilayah Sampan, Luak Gadang, Padangbaru, Balai Ahad, Garagahan dan beberapa tempat lain di kecamatan Lubukbasung.

Sementara upaya antisipasi penyebaran sudah dilakukan jajaran Dinkes Agam dengan penyuluhan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan bersih termasuk membersihkan sadang nyamuk di sekitar pemukiman masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Agam Dr. Indra, M, Kes, waktu dikonfirmasi via ponselnya Sabtu,(23/6)pagi mengakui, jumlah kasus DBD di wilayah Lubukbasung meningkat beberapa bulan terakhir.

Untuk mengantisipasi penyebaran, pihaknya sudah melakukan serangkaian langkah terutama penyuluhan ke rumah-rumah masyarakat yang terdampak DBD.

Disebutkan Indra, yang jadi persoalan serius memicu merebak DBD adalah masih banyaknya temuan lapangan sarang nyamuk dari berbagai tempat penampungan air, termasuk barang-barang yang bisa menampung air.

Hal itu sebut Indra, sangat rentan berkembangnya nyamuk penyebab DBD, dan itu disebutkannya harus dibersihkan,” kami masih belum berhasil membangun pemahaman masyarakat untuk membersihkan lingkungan yang berpotensi jadi sarang nyamuk penyebab DBD, “sebut Kadinkes Agam itu lagi.

Disisi lain, Dinkes Agam sendiri tengah mempersiapkan pengasapan (fogging) do berbagai tempat terutama kawasan yang kini terdampak DBD, “kami jadualkan Selasa depan, Senin kami sosialisasikan dulu, agar masyarakat membersihkan rumah mereka sebelum fogging,” sebutnya.

Kasus DBD di Lubukbasung beberapa waktu belakangan semakin meresahkan masyarakat, bahkan dua rumah sakit di Lubukbasung cukup banyak pasien yang dirawat akibat DBD, baik di RSUD Lubukbasung maupun di RS. Rizky Bunda.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top