alterntif text

Kaba Terkini

Microsoft Bawa Fitur Unggulannya ke Android dan iOS

Tekno, kaba12.com — Windows Phone maupun Windows 10 Mobile memang sudah “dimatikan” oleh Microsoft. Proyek ini tak dilanjutkan lagi lantaran kalah saing dengan Android dan iOS. Kendati demikian, ambisi Microsoft untuk merambah dunia mobile sepertinya masih belum surut.

Kali ini perusahaan besutan Bill Gates itu meluncurkan Windows Timeline yang bakal terintegrasi dengan Microsoft Launcher pada Android dan Edge pada iOS. Windows Timeline sejatinya adalah fitur unggulan dari Windows 10 yang memungkinkan pengguna melanjutkan berbagai pekerjaan dari perangkat yang berbeda. Jadi misalnya, pengguna tengah membuka aplikasi atau situs web tertentu lewat perangkat A, maka dengan mudah pengguna akan melanjutkannya di perangkat B atau C.

Awalnya fitur ini hanya terbatas pada perangkat komputer saja. Dengan dirilisnya Windows Timeline untuk iOS dan Android, maka kini bisa dilakukan lintas gadget.

“Microsoft Launcher di Android juga akan mendukung Timeline untuk peluncuran aplikasi lintas perangkat,” tulis Microsoft seperti dikutip dari KompasTekno, Rabu (9/5).

Windows Timeline juga bakal hadir pada perangkat iOS yakni iPhone dan iPad meski kemampuannya lebih terbatas. Pasalnya Apple tak memberikan izin pada pengembang untuk mengubah tampilan antarmukanya melalui launcher. Microsoft memungkinkan pengguna iOS untuk melanjutkan pekerjaannya lewat browser Edge atau menu “continue on PC”.

Memang sedikit lebih rumit dari Android tetapi pengguna dijanjikan akan merasakan pengalaman yang sama. “Besok, kami akan menunjukkan bagaimana akhir tahun ini Anda akan dapat mengakses Timeline yang sama dengan Microsoft Edge,” tulis Microsoft.

Windows Timeline sejatinya adalah salah satu fitur unggulan pada Windows 10. Untuk versi PC atau desktop, Timeline memungkinkan pengguna untuk melihat apa saja yang telah dikerjakan selama 30 hari ke belakang. Fitur ini dipercaya dapat mempermudah penggunanya untuk memantau apa saja yang pernah dimuat pada perangkat komputernya. Atau ketika pengguna kehilangan dokumen, maka dengan Timeline ini pengguna akan lebih mudah menemukan dokumen tersebut.

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top