Kaba Terkini

Luak Kateh Dipercaya Berkhasiat Sembuhkan Penyakit Mata

Kamang Magek, kaba12.com — Selain pesona wisata air Tirta Sari Sonsang yang memukau wisatawan di Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang.

Ternyata masih ada tempat wisata lain yang tak kalah menarik dari wisata air Sonsang, salah satunya, objek wisata Luak Gadang di jorong Guguak Rang Pisang, Nagari Kamang Ilia, Kecamatan Kamang Magek, Agam.

Objek wisata yang dipercaya masyarakat berkhasiat menyembuhkan sakit mata itu, merupakan sebuah mata air atau aliran air yang mengalir disela-sela batu dan bermuara di objek wisata Luak Gadang.

Salah satu warga setempat, Hendra mengatakan, hadirnya mata air ini selain menambah kunjungan ke daerahnya tersebut juga sebagai daya tarik untuk pendapatan daerah tersebut.

“Banyak wisatawan yang datang berlibur dan ingin merasakan khasiat air ini dengan membasuh muka atau langsung mencelupkan matanya ,” jelasnya, Sabtu (5/5).

Ditambahkan, mata air yang diberi nama Luak Kateh tersebut dianggap berkhasiat menyembuhkan mata perih, mata merah dan sakit mata ringan lainnya.

Namun, ia tidak mengetahui kandungan dalam air tersebut, sehingga dapat mengobati mata.

“Sampai saat ini, tidak diketahui kandungan apa yang ada dalam air ini. Namun dengan khasiat yang didapat masyarakat, banyak wisatawan yang berulang-ulang datang ,” ungkapnya.

Hendra menambahkan, walau daerah tersebut dilanda musim kemarau, namun air tersebut tidak mengalami kekeringan.

“Ini suatu anugerah dan daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Tidak ada salahnya berkunjung ke objek wisata ini selain refreshing bisa juga untuk pengobatan,” ulasnya.

(virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top