Kaba Terkini

Buka Musda PDHI Sumbar, Bupati: Sumbar Harus Miliki Fakultas Kedokteran Hewan

Tanahdatar, KABA12.com — Potensi Provinsi Sumatera Barat dibidang pertanian dan peternakan sangatlah besar. Kedua sektor ini banyak memberikan kontribusi pada struktur perekonomian Sumatera Barat sehingga bisa disebut Sumbar sebagai daerah agraris.

Pada sektor peternakan khususnya, menjadi sektor unggulan di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Barat. Salah satunya Kabupaten Tanahdatar sebagai sentra peternakan, populasi sapi mencapai 30.025 ekor, kerbau 10.197 ekor, kambing 28.776 ekor, belum lagi populasi ayam yang mencapai 2 juta ekor. Ini tentu perlu “sentuhan” ahlinya untuk terhindar dari penyakit ternak dan tumbuh sehat.

“Berhubung Provinsi Sumatera Barat belum memiliki Fakultas Kedokteran Hewan sementara potensi sektor peternakan sangat besar, saya menyarankan kepada peserta Musda nantinya dalam salah satu rekomendasinya memasukkan usulan pembentukan Fakultas Kedokteran Hewan kepada Gubernur dan Pengurus Besar PDHI,” cetus Irdinansyah saat memberi sambutan pada Pembukaan Musda PDHI Cabang Sumatera Barat di Hotel Emersia Batusangkar, Jum’at (27/04).

Lebih lanjut Irdinansyah mengatakan kesiapannya untuk mengajak Bupati dan Walikota se Sumatera Barat untuk memberi dukungan pentingnya lahirnya Fakultas Kedokteran Hewan di Sumatera Barat.

“Saya siap yang pertama memberi rekomendasi untuk dibukanya Fakultas Kedokteran Hewan dan turut membantu berkomunikasi dengan bupati dan walikota se Sumatera Barat membicarakan dukungan ke Gubernur Sumatera Barat,” tegas bupati didepan puluhan peserta Musda se Sumatera Barat.

Irdinansyah juga sampaikan harapannya agar Musda PDHI Cabang Sumatera Barat berjalan lancar dan menghasilkan pengurus baru yang terpercaya, “mudah-mudahan terbentuk pengurus yang solid yang bisa menaungi seluruh anggota dan dapat mengembangkan organisasi lebih baik lagi,” ucap Irdinansyah.

Sebelumnya, ketua pelaksana sekaligus Ketua PDHI Cabang Sumatera Barat drh. M. Kamil dalam penyampaiannya mengapresiasi kepedulian pemerintah Kabupaten Tanahdatar.

“Kami atas nama PDHI Cabang Sumatera Barat merasa tersanjung dengan kehadiran langsung Bupati Tanahdatar, sebuah kebahagiaan dan menjadi sejarah untuk pertama kali Musda PDHI dibuka langsung kepala daerah,” ucap drh. Kamil.

Kamil menjelaskan, Musda dilaksanakan selama 2 hari mulai Jumat hingga Sabtu (27-28/04) yang diikuti 72 orang anggota. Musyawarah ini sekaligus memilih pengurus baru masa bakti 2018-2021 dan juga diisi dengan pelatihan.

“Selain memilih pengurus baru, kegiatan juga diisi dengan pelatihan berkelanjutan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kompetensi dokter hewan dalam menjalankan tugas sehari-hari,” sebutnya lagi.

Drh. Kamil mengatakan seiring semakin luas dan kompleknya tugas dan tantangan dokter hewan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran hewan dan juga adanya regulasi baru berhubungan dengan profesi kedokteran hewan, dokter hewan perlu dibekali pendidikan dan pelatihan menuju dokter hewan yang profesional yang berkompeten dan tersertifikasi.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top