Kaba Terkini

Kemendagri Apresiasi Kinerja Pemda Tanahdatar “Status Sangat Tinggi”

Tanahdatar, KABA12.com — Kementerian Dalam Negeri menggelar malam apresiasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Acara tersebut diadakan sekaligus untuk memperingati Hari Otonomi Daerah yang ke-22. Hari Otda diperingati setiap tahunnya pada 25 April.

Sebanyak 23 pemerintahan daerah mendapat penghargaan yang berkinerja tinggi. Ke-23 pemda itu terdiri dari 13 pemerintah provinisi, 10 pemerintah kabupaten dan 10 pemerintah kota.

Termasuk diantaranya Kabupaten Tanahdatar dengan peringkat 69 nasional dari 397 kabupaten se Indonesia.

Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tarmizi yang diundang pada malam apresiasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Hari Otonomi Daerah ke-22 itu mengucap syukur dan bangga kepada seluruh OPD yang telah bekerja keras dan memberi kontribusi positif dengan bukti kinerja yang telah dilakukan.

“Terima kasih kepada seluruh OPD atas kerjasama dan komitmennya memberikan yang terbaik untuk masyarakat Tanahdatar, namun hasil yang diperoleh ini tidak boleh kita berpuas diri, kedepan masih banyak pekerjaan yang menanti agar Tanahdatar semakin maju dan sejahtera,” ungkap Irdinansyah usai acara yang dihelat di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (25/04).

Lebih lanjut bupati katakan, prestasi-prestasi yang diraih hendaknya menjadi pelecut semangat seluruh aparatur di Tanah Datar meningkatkan kinerja ke arah yang lebih baik.

“Alhamdulillah, posisi Tanah Datar berada di peringkat 69 nasional dari 397 kabupaten se Indonesia, dan kita komit terus memperbaiki untuk tahun berikutnya,” tekad bupati.

Seperti yang disampaikan Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah Herison yang turut mendampingi, sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100-53 tahun 2018 tentang Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, menetapkan Kinerja Pemerintah Kabupaten Tanahdatar dengan prediket Sangat Tinggi (ST) dengan skor 3.2628 atau pada posisi bintang dua.

Dijelaskannya LPPD menggambarkan kinerja urusan yang ditangani oleh pemerintah daerah dengan menetapkan Indikator Kinerja di antaranya tataran pengambil kebijakan, tataran pelaksana kebijakan administrasi umum dan tataran pelaksana kebijakan aspek capaian kinerja penyelenggaraan urusan wajib dan urusan pilihan.

“Alhamdulillah dengan point 3.2628, Tanahdatar terbaik di antara 12 kabupaten di Sumatera Barat,” urai Herison.

Ditambahkan Herison, Tanahdatar memperoleh prestasi yang cukup menggembirakan di mana tahun lalu masih berada di peringkat 101 nasional.

“Prestasi ini tidak terlepas dari komitmen kepala daerah di bawah kepemimpinan Bapak Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma sebagai pengambil kebijakan tertinggi, serta dukungan dan koordinasi yang baik lintas OPD sehingga laporan pelaksanaan pemerintahan bisa dilakukan tepat waktu dan data yang dilaporkan sesuai dengan yang ada di lapangan,” urainya lebih lanjut.

Herison katakan keberhasilan Kabupaten Tanahdtar meraih memperbaiki skor LPPD kali ini juga merupakan rangkaian dari beberapa penghargaan lainnya yang juga telah kita terima, seperti LKPD dari BPK, RKPD dan LAKIP.

Sementara Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Soemarsono pada kesempatan itu menyampaikan penilaian LPPD ini telah melalui proses yang panjang dengan 70 kategori penilaian yang melibatkan beberapa kementerian.

“Penilaian ini merupakan yang paling akurat karena lama waktu penilaiannya memakan waktu selama 6 bulan, ini terkait mulai dari penilaian laporan dan tinjauan langsung ke lapangan,” ungkapnya.

Soemarsono menyebutkan, penghargaan LPPD ini diberikan sebagai wujud apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk memotivasi kinerja Pemda agar lebih baik lagi.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top