alterntif text

Dinas Pertanian Agam

Distan Agam Fasilitasi Replanting Lahan Sawit Rp.25 Juta per Hektar

Lubukbasung, kaba12.com — Ditenggarai produksi kelapa sawit yang mengalami penurunan diatas usia 25 tahun, dinas pertanian Agam memfasilitasi peremajaan lahan (replating) bagi 3.500 hektar lahan warga.

Hal tersebut diungkapkan plh. Kepala Dinas Pertanian Agam Ir. Arief Restu, Kamis (12/4).

“ Replanting agar produksi sawit dapat kembali meningkat. Untuk itu, pemerintah membentuk tim khusus untuk menangani peremajaan tanaman kelapa sawit tersebut,” jelasnya.

Arief Restu menambahkan, tim khusus yang diketuai oleh dinas pertanian akan melakukan sosialisasi dan pengecekan ke lapangan terkait usulan yang masuk untuk calon petani calon lahan (CPCL).

“Sasaran utama kita lahan kelapa sawit yang sudah tidak produktif. Namun, khusus usulan peremajaan, harus disertai kartu tanda penduduk, kartu keluarga dan surat keterangan tanah atau sertifikat tanah beserta dokumen lain yang diperlukan ,” papar Arief.

Kepala Bidang Perkebunan Gusma Zendra, S.Sos, menambahkan, usulan tersebut akan diajukan kepada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kementerian Pertanian.

Jika sesuai dengan ketentuan, akan diberikan dana replanting sebesar Rp.25 juta per hektar.

” Dana ini dimanfaatkan para petani untuk peremajaan lahan sawit untuk bibit dan pengelolaan lahan, agar hasil panen serta kualitas baik dan meningkatkan pendapatan,”ujarnya.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top