Dinas Pertanian Agam

Kementerian Pertanian RI Identifikasi Alsintan di Kabupaten Agam

Lubukbasung, kaba12.com — Kementerian Pertanian Republik Indonesia bersama Dinas Pertanian Kabupaten Agam identifikasi alat mesin pertanian (aalsintan) kelompok tani penerima bantuan.

Kegiatan sejak 26 Maret lalu, dilakukan dalam rangkaian pengecekan dana pemanfaat alsintan oleh para petani di lapangan.

Seperti dijelaskan Kabid Prasarana Sarana Pertanian dan Penyuluhan (PSPP) Dinas Pertanian Agam, I Nyoman Karyawan, Selasa (3/4).

“Identifikasi dilakukan secara marathon pada kelompok tani yang menerima bantuan alsintan jenis hand traktor sejak tahun 2014 sampai 2017 dari kementerian pertanian ,” jelasnya.

Ditambahkan Nyoman, identifikasi itu sebagai langkah penting dalam pemantapan dan optimalisasi penggunaan alsintan di kabupaten Agam, sesuai arahan menteri pertanian yang membentuk tim optimalisasi alsintan dengan melakukan pemantauan pemanfaatan alsintan, sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran.

“ Hal itu juga sebagai salah satu upaya mempercepat swasembada pangan,” ulas I Nyoman Karyawan Ditambahkannya, alsintan sebagai wujud transformasi teknologi menciptakan pertanian yang modern, efektif, dan ramah lingkungan, sehingga mendorong profesionalisme petani dalam mengembangkan potensi pertanian ”tambahnya.

Disisi lain, I Nyoman Karyawan menegaskan, jika alsintan tidak dimanfaatkan dengan optimal, pihaknya akan menarik dan memindahkan bantuan tersebut kepada wilayah atau kelompok tani lain yang lebih membutuhkan

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top