Kaba Pemko Bukittinggi

Alumni SMP Salingka Bukik ’89 Gelar Lomba Tahfidz se Sumbar

Bukittinggi, KABA12.com — 64 orang pelajar SMP dan MTsN se-Sumbar, mengikuti lomba tahfidz Quran yang diselenggarakan oleh Komonitas Alumni SMP Salingka Bukik 89. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 4 Panorama Bukittinggi, Minggu (01/04).

Lomba tahfidz Quran antar SMP dan MTsN ini dibuka oleh Walikota Bukittinggi yang diwakili Camat Guguk Panjang Rispayanto. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Komonitas Alumni SMP Salingka Bukik 89 H. Moizi beserta alumni SMP angkatan 89 dari sejumlah SMP di Bukittinggi dan Agam dan jajaran unsur Kemenag Kota Bukittinggi.

Ketua pelaksana, Joni Feri mengatakan, lomba tahfidz Al Quran yang diselenggarakan memperebutkan piala bergilir Walikota, tropy lepas, sertifikat, bingkisan dan uang pembinaan. Sistem lomba meliputi babak penyisihan untuk Jus 1 dan 29 serta babak final untuk jus 30. Dalam lomba mendatangkan 2 orang juri dari Kemenag dan 3 orang juri dari independen (Juri Nasional).

“Peserta lomba terdiri dari pelajar SMP dan MTsN utusan dari beberapa kabupaten/kota se-Sumbar. Kegiatan ini merupakan kegiatan keagamaan perdana yang dilaksanakan oleh Kominitas SMP Salingka Bukik 89, disamping kegiatan sosial lainnya yang pernah dilaksanakan sebelumnya,” jelas Joni Feri didampingi Ketua Komonitas SMP Salingka Bukik 89 H. Moizi.

Menurutnya, lomba tahfidz Quran ini sengaja diangkat dengan tujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang qurani serta memiliki akhlak budi pekerti yang luhur. Hal ini mengingat saat ini banyak generasi muda yang terjerumus akibat perkembangan zaman sekarang. Oleh karena itu, generasi muda khususnya pelajar harus diselematkan dari perkembangan zaman melalui pembentukan karakter dibidang keagamaan.

“Menghafal Al Quran itu adalah ilmu yang paling tinggi diatas segalanya. Ketika seorang pelajar/anak sudah hafal dengan Al Quran, otomatis akan berpengaruh kepada karakter anak itu sendiri. Oleh karena itulah komunitas SMP Salingka Bukik 89, ikut ambil andil dalam pemebentukan karakter genarasi muda ini,” terangnya.

Sementara itu, Camat Guguk Panjang Rispayanto memberikan apresiasi kepada komunitas SMP Salingka Bukik 89, yang telah menyelenggarakan kegitan lomba tahfidz Al Quran antar SMP dan MTsN se- Sumbar. Kegiatan ini memiliki potensi luar biasa untuk menciptakan generasi muda yang kecerdasannya seimbang antara ilmu pengetahuan dengan iman dan taqwa.

“Kegiatan ini salah satu aspek yang sangat penting dalam peningkatan karakter anak melalui kegiatan keagamaan. Efek negatif perkembangan tekonologi saat ini, harus diantisipasi dengan kegiatan keagamaan, seperti yang dilakukan Alumni SMP Salingka Bukik ’89 ini,” ujarnya.

Kedepan diharapkan kegiatan keamaan seperti ini bisa menjadi agenda tahunan bagi komunitas SMP Salingka Bukik 89. Pemko dan kecamatan Guguak Panjang, siap mendukung penuh kegiatan serupa, termasuk kegaiatan sosial lainnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top