Kaba Terkini

Berada di Garis Patahan Gempa. Masjid Nurul Islam Batipuh Dibangun Baru

Tanah Datar, KABA12.com — Ditetapkan sebagai zona rawan bencana, karena tepat berada dipatahan gempa bumi, masyarakat Muaro Ambius Guguak Malalo Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar sepakat untuk membangun baru Masjid Nurul Islam di lokasi yang aman untuk melaksanakan ibadah. Sebagai tanda pembangunan, dilakukan prosesi peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati Tanah Datar bersama ketua DPRD Sumbar, Rabu (21/03).

Ketua panitia pembangunan masjid Nurul Islam Jhon Simamora menyampaikan, masjid yang dibangun merupakan relokasi masjid yang sudah ada. Dimana sesuai rancangan, bangunan akan dibuat bertingkat 2 dengan ukuran 24 m x 27 m, yang membutuhkan anggaran sekitar Rp 4,5 Miliar.

“Masjid Nurul Islam masih dimanfaatkan oleh masyarakat, namun dari hasil kajian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tanah Datar, Guguak Malalo termasuk daerah rawan bencana terutama gempa sementara lokasi masjid berada tepat pada jalur patahan gempa. Sehingga atas kesepakatan bersama, untuk keselamatan beribadah perlu dibangun masjid baru di lokasi yang tidak berada di jalur patahan gempa,” sebutnya.

Apresiasi diberikan Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim panitia pembangunan dan masyarakat Guguak Malalo yang punya niat baik memiliki masjid baru. Untuk itu ia berpesan agar masjid dapat dibangun dengan sebaik-baiknya, sehingga umat merasa nyaman beribadah didalamnya dan berbondong-bondong meramaikan masjid.

“Membangun masjid ibadah di sisi Allah SWT, serta bukanlah pekerjaan yang ringan tapi membutuhkan pengorbanan dan kerjasama semua elemen masyarakat,” sebut Hendra.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengatakan, keberadaan masjid mempunyai nilai yang sangat berharga bagi masyarakat. Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi masjid sebagai tempat suci juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan bagi umat.

“Masjid menjadi pusat untuk beribadah, membina umat, menuntut ilmu, menjalin silaturahmi serta tempat yang akan memancarkan keberkahan serta kesejahteraan bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Zuldafri juga menyebutkan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung berdiri masjid-masjid baru di Tanah Datar, baik itu secara swadaya masyarakat maupun dibangun secara perorangan, karena hal itu sangat membantu program prioritas pemerintah daerah yang mempunyai misi peningkatan pemahaman dan pengamalan agama, adat dan budaya.

Ia pun berharap agar masyarakat dapat menjaga dan melestarikan budaya gotongroyong yang selama ini mulai memudar ditengah masyarakat, “pupuk terus rasa gotongroyong untuk bersama-sama melanjutkan pembangunan masjid dan pemerintah daerah tentunya turut membantu cita-cita mulia ini,” harap Wabup Tanah Datar.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top