Kaba Terkini

Setelah Meninggal, Manusia Dibagi Tiga Bagian

Khazanah, kaba12.com — Apa yang mau disombongkan oleh manusia? Sehebat apa pun dia, menurut ukuran manusia, kelak dia akan jadi santapan cacing tanah setelah kematiannya.

Hal itu ditegaskan dosen Pascarsajana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ustaz Dr Syamsul Yakin MA, saat mengisi pengajian dalam rangka Shubuh berjamaah di Masjid Al-Syarif Al-Azhar BSD, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Kamis (1/3). Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka pelantikan ketua DKM baru masjid tersebut.

“Manusia dibagi menjadi  tiga bagian: sepertiga untuk Allah, sepertiga untuk dirinya, dan sepertiga jadi  santapan cacing tanah,” kata Ustaz Syamsul Yakin, mengutip perkataan Ibnu Hajar, salah seorang ulama salaf terkemuka.

Ia lalu menjelaskan, adapun yang akan jadi  bagian Allah dan akan kembali kepada Allah adalah ruhnya (ruh kita). Lalu yang akan jadi  bagian manusia adalah amalnya.

“Sedangkan yang akan menjadi santapan cacing tanah adalah jasad kita,” kata Pengasuh Ponpes Madinatul Quran, Parungbingung, Depok.

Sumber : Republika.co.id

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top