DINSOS Agam

Kemensos Salurkan Bantuan Non Tunai Tahap I di Agam

Lubukbasung, KABA12.com — Sebanyak 350 orang keluarga miskin penerima manfaat (KPM) di kabupaten Agam terima bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan tahun 2018 tahap I dari Kementerian Sosial, Kamis (01/03) di GOR Rang Agam Lubukbasung.

Penyerahan Bansos Non Tunai PKH 2018 di kabupaten Agam itu dilakukan Kepala Balai Diklat Wilayah Regional 1 Sumatera Barat Gusti Radem Mas Suryo Darsono didampingi anggota Komisi VIII DPR RI H. Jon Kenedy Sahid SH, Bupati Agam Indra Catri dan Kepala Kantor BRI Wilayah Padang Darnawi.

Bupati Agam Indra Catri menyebut penyaluran bantuan sosial untuk Program Keluarga Harapan di Agam setiap tahun meningkat. Bahkan peningkatan KPM dari tahun 2017 ke 2018 ini sebanyak 10.338 penerima.

“Pada tahun 2017 KPM PKH sebanyak 7.277 penerima dengan dana Rp 47,9 miliar. Tahun 2018 ini meningkat sebanyak 10.338 sehingga total keluarga pemenerima manfaat berjumlah 17.615 keluarga, dengan dana sebasar Rp 74,3 miliar,” jelasnya.

Indra Catri mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan Kemensos untuk warga Agam. Diharapkan bantuan non tunai ini mampu menjadi stimulan bagi masyarakat untuk keperluan pendidikan sekolah anak dan kesehatan keluarga.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi VIII DPR RI H. Jon Kenedy Sahid, yang menyebut, bantuan sosial non tunai program keluarga harapan tersebut merupkan hasil kerjasama DPR RI dengan Kemensos, “harapan kami program ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, semoga tingkat perekonimian masyarakat terutama di Agam akan lebih baik dan program PKH juga akan semakin meningkat,” ujarnya.

Sementara, Menteri Sosial diwakili Kepala Balai Diklat Wilayah Regional 1 Sumatera Barat Gusti Raden Mas Suryo Darsono mengatakan, PKH sebagai program penanggulangan kemiskinan telah bisa mengurangi 1,9 juta penduduk miskin dalam rentan waktu Maret hingga September.

“Berdasarkan hasil survei BPS, jumlah penduduk miskin per September 2017 sebanyak 26,52 juta jiwa, berkurang 1, 19 juta dibanding Maret sebelumnya ditahun tersebut,” katanya.

Sebagai bagian dari program penanggulangan kemiskinan, Kemensos berharap PKH memberikan kontribusi dalam menurunkan kemiskinan 5 hingga 6% sampai tahun 2019.

Dalam penyaluran bansos non tunai tahap I itu, Kepala Dinsos Agam Kurniawan Syahputra menambahkan keluarga penerima manfaat juga diberikan satu paket sembako yang berisikan 5 Kg beras, 1 Kg minyak goreng, 1 Kg gula dan susu kaleng. Serta juga diserahkan bantuan bibit tanaman dari program Agam Menyemai.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top