alterntif text

Kaba Pemko Bukittinggi

Kawasan Tertib Lalu Lintas Bukittinggi Dinilai

Bukittinggi, KABA12.com — Kota Bukittinggi dinilai Tim dari Korlantas Polri, Kemenhub dan Kemen PU PR RI dalam rangka penilaian Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) Tahap 1 di Mapolres Bukittinggi, Selasa (13/02). Tim penilai disambut langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Kapolres Bukittinggi AKBP. Arly Jembar Jumhana didampingi Kadishub dan Kadis PU.

Ketua Tim Penilai, Kombes Edi Junaidi menjelaskan, penilaian terkait dengan fasilitas jalan, kelengkapan, penegakan hukum, transportasi, marka jalan yang terkait dengan lalu lintas. Untuk penilaian di Sumatera Barat, diwakili tiga daerah Padang, Payakumbuh dan Bukittinggi.

“Tm melakukan penilaian di Kota Padang kemarin. Hari ini ke Bukittinggi dan lanjut ke Payakumbuh. Tim terdiri dari Delapan orang, 4 orang dari Polri, 3 orang dari Dishub dan 1 orang dari PUPR. Untuk sementara, kemajuan kawasan tertib lalu lintas di Bukittinggi sudah cukup baik. Nanti tim yang akan menilai secara keseluruhan,” ungkapnya.

Sementara, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias didampingi Kdishub Elvis Syahrimunir saat dimintai keterangannya mengatakan, tahun sebelumnya Bukittinggi tetap mengirimkan bahan, tapi belum beruntung. Baru kali ini Bukittinggi ternyata lolos penilaian sehingga dikunjungi tim penilai hari ini. Untuk Sumbar hanya tiga daerah yang lolos.

“Bukittinggi telah memiliki produk hukum tentang Kawasan Tertib Lalu Lintas ini. Mulai dari Kawasan Jalan Sudirman, Jalan Imam Bonjol sampai ke Novotel, Balai Sidang Hatta dan seputaran Jam Gadang. Peniaian dari tim sendiri, bagaimana kepatuhan masyarakat, bagaimana kepatuhan Angkutan kota, Kelengkapan marka, petunjuk jalan, parkir apakah rapi ditempat parkir, Jalan raya bagaimana aspalnya, bagaimana trotoarnya dan marka nya,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana mengatakan, pihaknya siap mendukung program KTL yang dilaksanakan Pemko Bukittinggi. Komitmen ini ditindaklanjuti dengan menurunkan personil dari Satuan Lalu Lintas, untuk turut serta melakukan pengawasan di lapangan.

“Bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Polres Bukittinggi terus jalankan program pendukung. Sehingga saat dilakukan pengusulan kali ini, Bukittinggi masuk kriteria yang diminta Korlantas Polri,” ungkapnya.

Kasat Lantas Polres Bukittinggi, AKP. Sukur Hendri Saputra menjelaskan, bahwa tim ini akan melakukan penilaian hari ini di ketiga KTL Kota Bukittinggi tersebut, dan segala persyaratan sebagai kriteria penilaian telah disiapkan jajaran Satuan Lantas Polres Bukittinggi bersama stake holder lainnya bersama Pemko Bukittinggi.

Pemko dan Polres Bukittinggi berharap kota wisata dapat penilaian terbaik. Pihak terkait pun akan tetap mengupayakan peningkatan fasilitas umum terkait kawasan tertib lalu lintas dan semua itu juga tak lepas dari dukungan masyarakat, pengguna lalu lintas di kota ini.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top