Kaba Terkini

Agam Prioritaskan Pengembangan Wisata Salingka Danau Maninjau

Agam, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam saat ini tengah mengembangkan sejumlah kawasan objek wisata yang diharapkan nantinya akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Salah satunya, pengembagan kawasan wisata yang berada di salingka danau Maninjau, seperti kawasan Linggai, taman Muko-Muko dan pulau legenda, serta rencana pembangunan 9 dermaga.

“Kawasan danau Maninjau merupakan kawasan stategis pariwisata nasional dan provinsi Sumatera Barat, untuk itu memang diperlukan perhatian khsusus dalam rangka peningkatan jumlah kunjungan wisata ke kabupaten Agam. Sebagai data pendukung sudah diterbitkan perda tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupaten Agam (RIPPKA), Rencana Kawasan Strategis Pembangunan Pariwisata Nasional (KSPN),” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam Jetson.

Ia memaparkan, untuk pengembangan kawasan Linggai yang berlokasi di nagari Duo Koto membutuhkan dana sebesar Rp 24 miliar. Saat ini kawasan Linggai yang memiliki luas sekitar 15.769 meter persegi itu telah dilengkapi dengan lokasi tempat bermain anak-anak, amphiteather, tribune dan kios kuliner.

“Tahun ini pengembangan kawasan Linggai akan kembali dilanjutkan. Nanti di daerah itu akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas lain, seperti layaknya objek wisata layak jual,” sebutnya.

Kemudian, untuk pengembangan objek wisata taman muko-muko dan pulau legenda yang saat ini masih minim fasilitas. Disparpora telah memiliki program akan melakukan pengembangan dan perbaikan untuk areal parkir, toilet, masjid, pos pengelola, kios jajanan, teman bermain anak, taman vertikal dan dermaga.

“Muko-muko sudah ada fasilitas yang terbangun, namun masih sangat kurang. Kita sudah siapkan perencanaannya, dan tahun ini akan kita lengkapi dengan membuat sembilan buah dermaga sebagai penghubung antar nagari di salingka danau, nanti juga akan dibuatkan nama masing-masing dermaga agar pengunjung dapat mengabadikan setiap momen keberadaannya di Maninjau,” jelas Jetson.

Kadisparpora Agam menambahkan, kawasan objek wisata di danau Maninjau sebelumnya sudah mendapat kunjungan dari sejumlah kementerian.
Ia berharap dukungan yang dijanjikan oleh kementerian tersebut dapat direalisasikan sesegera mungkin. Sehigga dapat meningkatkan jumlah wisatawan dan mendorong perekonomian masyarakat sekitar.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top