Kaba Terkini

3 Prinsip Ketenangan Hati

Khazanah, kaba12.com — Ketenangan hati merupakan sebuah kebutuhan. Meski jarang disebut dalam golongan kebutuhan primer, sekunder dan tersier dalam pelajaran ekonomi di sekolah, namun secara harfiah hal tersebut diyakini bahwa tiap manusia pasti membutuhkannya.

Ketenangan hati tak bergantung pada seberapa banyak jumlah harta yang dimiliki, bukan seberapa tinggi jabatan yang diemban, namun lebih kepada pola pikir tiap orang dalam menjalani hidup.

Dalam islam, apabila kamu meyakini 3 prinsip berikut, In sya Allah hati akan selalu tenang ketika menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan.

3 Prinsip hidup yang membawa ketenangan

1. Allah Maha Pemberi Solusi

Tidak ada yang mampu menyelesaikan masalahmu kecuali Allah. Hal ini dijelaskan dalam QS. An-Naml 62 yang artinya : Bukankah Dia (Allah) yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya, dan menghilangkan kesusahan.” (QS.An-Naml:62).

Jika yakin bahwa tak ada seorang pun yang dapat menyelesaikan masalah kita kecuali Allah, lalu mengapa kita masih bergantung kepada makhluk?

2. Allah Maha Penyayang

Tidak ada yang lebih menyayangi kita melebihi Allah. Hal ini dijelaskan dalam QS Yusuf ayat 64 yang artinya :“Maka Allah adalah penjaga yang terbaik dan Dia Maha Penyayang di antara para penyayang.” (QS.Yusuf:64).

Jika yakin bahwa yang paling menyayangi kita adalah Allah, maka mustahil Allah akan membiarkan kita dalam masalah.

3. Allah Maha Mengetahui

Tak ada yang lebih mengetahui dalamnya kesedihan melebihi Allah. Sebagaimana dijelaskan dalam QS. Hud ayat 31 yang artinya : “Allah lebih mengetahui apa yang ada pada diri mereka.” (QS.Hud:31).

Jika sudah yakin bahwa tak ada yang lebih mengetahui kesedihan kita selain Allah, maka tidak mungkin Allah tidak mengobati kesedihan kita.

Yakini ketiga prinsip hidup tersebut dengan kuat. Lekatkan sepenuhnya dalam hati. Maka tak ada lagi rasa khawatir dan takut dalam menjalani hidup.

Sumber ; viva.co.id

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top