Catatan 12

Kilas Balik Distan Agam 2017, ” Padi Masak Jaguang Maupiah “, Kemandirian Pangan Untuk Kesejahteraan

Catatan12, KABA12.com — Sektor pertanian dan peternakan menjadi mata pencarian utama masyarakat bahkan banyak menyerap tenaga kerja  di Kabupaten Agam.

Dengan sumber daya alam dan topografi lahan yang mendukung, menjadikan usaha peternakan dan peternakan menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat.

Seiring program dan terobosan kreatif sesuai visi misi Pemkab Agam dalam pengembangan potensi daerah dimana bidang pertanian dan peternakan menjadi andalan bahkan unggulan daerah yang menjadi kekuatan penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat.

Sukses terobosan dan realisasi program strategis bidang pertanian dan peternakan dibuktikan dengan sukses yang diraih sepanjang tahun 2017 dimana Kabupaten Agam terus menjadi sentra makanan unggulan di Sumatera Barat.

Hal ini dibuktikan dengan peningkatan Ketahanan P2BN terhadap kenaikan produksi padi sebesar 13,93%, yang merupakan kenaikan produksi tertinggi di Sumatera Barat.

Ini tak lepas dari berbagai program unggulan untuk meningkatkan produksi pangan, mulai dari hulu hingga hilir.

Untuk meningkatkan produksi, pada 2017, 71 hektar sawah baru telah dicetak, terus mencetak sawah baru di tahun 2016 di area seluas 59 hektar.

Juga pembangunan infrastruktur pertanian berupa parit untuk menyalurkan air irigasi menjadi 755 hektar dan memperbaiki jaringan tersier 296 hektar.

Pembangunan waduk untuk lahan seluas 77 hektar dan bisnis usaha tani sepanjang 8 km untuk mendukung mobilisasi usaha pertanian.

Sementara itu, 980 unit peralatan dan mesin pertanian juga telah diterima oleh kelompok tani yang tersebar di seluruh Kabupaten Agam.

Untuk memastikan produksi, Dinas Pertanian Agam telah menyalurkan 75 ton bibit unggul padi untuk ditanam di 3.000 hektar sawah, 60 ton benih jagung hibrida untuk penanaman 4.000 hektar, 25 ton bibit kedelai untuk budidaya 500 hektar. Serta budidaya padi dengan teknologi ribuan di lahan sawah seluas 400 hektar.

Kegiatan mendukung program” Gelora Palembayan “, area seluas 70 hektar bukaan baru sudah ditanami komoditas jagung.

Seperti dijelaskan Ir. Afdhal, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam didampingi sekretarisnya Ir.Arief Restu.Msi. saat diskusi evaluasi akhir tahun 2017 rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan.

Dijelaskan Afdal berbagai program untuk mendorong pertumbuhan pertanian dilakukan dengan berbagai aspek diantaranya penyaluran pupuk bersubsidi untuk mendapatkan hasil produksi optimal pada 2017 juga direalisasikan, dengan pupuk Urea didistribusikan sebanyak 6.117 Ton, SP-36 2.896 Ton, NPC Ponska 5.272 Ton, ZA 1.481 Ton dan 398 Ton Pupuk Orghanik.

Sektor perkebunan juga mencapai hasil yang cemerlang dimana kopi Robusta dari Kabupaten Agam menjadi kopi Arab pertama dan terbaik kedua di Festival Kopi Minangkabau 2017. Dukungan benih unggulan sektor perkebunan juga telah disalurkan ke masyarakat, seperti 15.000 bibit kakao, 5.000 cengkeh cengkeh dan bibit kelapa di 7.500 batang

Komitmen Indra Catri yang kuat sebagai Bupati Agam untuk menjadikan Kabupaten Agam sebagai pusat hortikultura dan buah unggul juga direspon oleh Departemen Pertanian dengan melakukan pengembangan lahan baru.

Seperti pengembangan 75 hektar cabe dan bawang 30 hektar. Untuk tanaman buah, 20.000 bibit jeruk, 7500 manggis dan 12.500 bibit durian juga telah diserahkan untuk penanaman di lahan seluas 150 hektar.

“Sektor perkebunan dan hortikultura juga telah menyalurkan bantuan bibit buah-buahan sebanyak 33 ribu batang untuk mendukung program Agam Menyemai”, jelas Afdhal.

Agam Menyemai, inovasi cerdas yang lahir dari pemikiran Indra Catri selaku Bupati Agam dan telah mendapat pengakuan dari pemerintah pusat dengan menganugerahakan Innovative Goverment Award, merupakan program unggulan dengan memberdayakan lahan produktif yang belum termanfaatkan.

 Baik itu pekarangan rumah tangga maupun lahan kosong disekitar masyarakat.

Bahkan Indra Catri sering turun langsung ke lapangan, sehingga program Agam Menyemai mampu menjadi idola dan dinikmati masyarakat.

Bidang Peternakan

Sementara untuk bidang peternakan seperti dijelaskan Ir. Arief Restu, M.Si, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Agam, sektor peternakan juga mempunyai peranan penting dalam menggerakkan roda perekonomian ditengah masyarakat Kabupaten Agam.

Dan swasembada protein hewani juga telah dicanangkan oleh Kementerian Pertanian melalui program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB).

Mewujudkan hal tersebut, sepanjang tahun 2017, Dinas Pertanian Agam telah melakukan Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik terhadap 5.287 ekor sapi dan melalukan pemeriksaan kebuntingan (PKB) sebanyak 3.613 ekor.

“Tercatat kelahiran berdasarkan laporan petugas di lapangan adalah 1.265 ekor”, ujar Arief.

Untuk melindungi kesehatan hewan dan masyarakat veteriner, Dinas Pertanian Kabupaten Agam melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat akan bahaya  penyakit rabies dan melakukan vaksinasi terhadap hewan pembawa rabies (HPR) sebanyak 5.630 ekor dan eliminasi sebanyak 584 ekor.

Mengantisipasi virus jembrana, yang biasanya menyerang sapi Bali, telah dilakukan vaksinasi terhadap 724 ekor sapi Bali serta melakukan pemeriksaan gangguan reproduksi hewan sebanyak 604 ekor sapi.

“Sebanyak 309 ekor ternak juga telah mengikuti asuransi sebagai upaya perlindungan terhadap peternak”, jelas Arief.

Semua kegiatan dan program yang dilaksanankan untuk pembangunan pertanian sepanjang tahun 2017 ini, merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Agam untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan untuk kesejahteraan petani.

Sehingga slogan “padi masak, jaguang maupiah dan taranak bakambang biak” terwujud di Kabupaten Agam menuju masyarakat yang “baldatun tayibatun warabun gafur “melalui komitmen semua pihak.

Mengutip pernyataan Bupati Agam, Indra Catri, “babuah karano ditanam, basamo mangko manjadi”, ditegaskan Arif Restu, pihaknya berkomitmen menyongsong tahun 2018 dengan gelora semangat yang tak pernah padam demi kesejahteraan petani di Kabupaten Agam.

(Harmen/*).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top