alterntif text

Kaba Terkini

125 Kafilah Nagari Lawang Ikuti MTQ

Matur , KABA12.com — Sebanyak 125 kafilah nagari Lawang kecamatan Matua kabupaten Agam ikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nagari, Sabtu (12/08).

Kegiatan itu secara resmi dibuka Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria  ditandai dengan melepas pawai ta’ruf yang diikuti hampir 800 orang warga dari enam jorong di Lawang.

Ketua pelaksana MTQ tingkat nagari Lawang, Savenday mengatakan, 125 kafilah itu akan mengikuti delapan cabang lomba denga 16 golongan.

“Dewan juri  didatangkan dari kabupaten. Usai  MTQ tingkat nagari Lawang akan ditutup dengan malam syukuran sekaligus penyerahan hadiah,” ujarnya.

Walinagari Lawang J. Dt. Lelo Ameh, dalam sambutannya mendukung penuh pelaksanaan MTQ pertama antar jorong di nagari Lawang itu.

“Biasanya MTQ nagari dilaksanakan setiap tahun melalui MDA secara bergilir, namun saat ini atas usulan masyarakat dilaksanakan  bernagari, dalam rangka menggali potensi minat dan bakat menuju generasi yang Qur’ani, yang unggul cerdas dan berakhlaqul karimah. Mudah-mudahan banyak kafilah dari nagari Lawang nantinya akan mengikuti sampai ke tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, bahkan nasional,” ungkap J. Dt. Lelo Ameh.

Apresiasi yang tinggi juga diberikan Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria. Ia menyebutkan, acara penting ini perlu dihadiri dan dimeriahkan bersama.

“Apresiasi yang luar biasa, ini sangat mendukung program strategis dalam menggerakkan Agam Madani. MTQ tingkat nagari mengangkat para generasi muda untuk akrab dengan Alquran. Maksimalkan efek dan dampak orang minang melalui membaca dan hafal alquran,” sebut Trinda.

Ia juga berharap, melalui kegiatan ini akan memupuk jiwa karakter generasi muda yang Qurani, “ini momen menggali mutiara terpendam yang ada di pelosok jorong dan nagari, melalui MTQ akan muncul bibit mutiara pembaca dan hafal Alquran yang baik dan dapat dikembangkan,” ulasnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top