alterntif text

Kaba Terkini

Pesawat MV-22 Osprey AS Jatuh di Queensland Australia

Brisbane, KABA12.com — Pesawat MV-22 Osprey milik Angkatan Laut Amerika Serikat jatuh di lepas pantai Negara Bagian Queensland,Australia, Sabtu (05/08).

Dilansir dari abc.net.au, tiga orang dilaporkan masih belum ditemukan, sementara 23 lainnya berhasil diselamatkan.

Pesawat tersebut berada di Queensland dalam rangkat latihan gabungan pasukan AS dan Australia yang berlangsung di area pelatihan Shoalwater Bay dekat Rockhampton yang berakhir 25 Juli lalu.

Menteri Pertahanan Australia Marise Payne mengatakan, tidak ada tentara Australia dalam pesawat nahas tersebut.

Menurut Marise, AS memimpin langsung upaya pencarian dan evakuasi.

“Saya telah memberi tahu Perdana Menteri (Malcolm) Turnbull dan berbicara dengan Sekretaris Menteri Pertahanan malam ini untuk menawarkan dukungan Australia dengan cara apapun yang dapat membantu, ”ungkapnya.

Osprey yang diproduksi oleh Boeing Co dan Textron Inc Bell Helicopter tercatat beberapa kali mengalami kecelakaan.

Pada Desember tahun lalu, lima awak pesawat Osprey mengalami kecelakaan setelah mendarat di sungai dangkal di Okinawa. Beruntung, kelimanya berhasil diselamatkan.

Pesawat jenis yang sama juga pernah mengalami pendaratan yang tak mulus saat operasi AS terkait kontra terorisme di Yaman. Saat itu, pesawat tersebut terbang untuk mengevakuasi personel yang terluka. Sebanyak dua tentara cedera dalam peristiwa tersebut.

Menurut keterangan Korps Marinir Amerika Serikat, seperti dilaporkan Reuters, pesawat tersebut terbang dari USS Bonhomme Richard (LHD 6). AS mengerahkan sejumlah pesawat dan kapal dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

Korps Marinir AS memastikan bahwa insiden kecelakaan tersebut sedang diselidiki.

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top