Lubuk Basung, KABA12.com — Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria sampaikan nota penjelasan mengenai ranperda perubahan atas peraturan daerah nomor 2 tahun 2012 tentang retribusi jasa umum dalam rapat peripurna, di Aula Bappeda Kabupaten Agam, Senin (17/07).

Dalam penyampaiannya wabup mengatakan untuk menjaga kualitas lingkungan di daerah tersebut agar tidak melewati Baku Mutu Lingkungan yang telah ditentukan perlu dilakukan monitoring dan pemantauan.

“Melalui peraturan Bupati Agam nomor 5 tahun 2017 tentang pembentukan susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja pelaksana, teknis labotarium lingkungan telah membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) labotarium lingkungan di Dinas Lingkungan Hidup untuk melaksanakan fungsi pengujian parameter kualitas lingkungan,” jelas Trinda Farhan Satria.

Ia menyebut, selain melaksanakan tugasnya, UPT Lobotarium Lingkungan Hidup juga dapat melakukan pelayanan pengujian kualitas lingkungan kepada masyarakat, BUMN, BUMD dan pihak industri atau kegiatan usaha lainnya.

“Seiring dengan pemberian jasa layanan pengajian kualitas lingkungan kepada masyarakat tersebut, daerah juga diberikan peluang untuk memungut retribusi sebagai bagian dari penerimaan daerah,” ujarnya.

(Virgo)