Kaba Terkini

Istidraj Jalan menuju Kebinasaan

Khazanah, KABA12.com – Istidraj adalah kesenangan dan nikmat yang Allah berikan kepada orang yang jauh dari-Nya yang sebenarnya itu menjadi azab baginya apakah dia bertobat atau semakin jauh.

Sederhananya adalah, jika kita dapati seseorang yang semakin buruk kualitas ibadahnya, semakin tidak ikhlas, berkurang kuantitasnya, sementara maksiat semakin banyak, baik maksiat kepada Allah dan manusia, lalu rezki baginya Allah berikan melimpah ruah, kesenangan hidup begitu mudah didapatkan, tidak pernah sakit dan celaka, panjang umur, bahkan Allah berikan keluarbiasaan pada kekuatan tubuhnya. Maka, hati-hatilah bisa jadi ini adalah istidraj baginya, bukan karamah, secara beransur Allah menariknya dalam kebinasaan.

Seperti yang difirmankan Allah dalam surat Ali ‘Imran ayat 178. “Dan janganlah sekali-kali orang-orang kafir menyangka, bahwa pemberian tangguh Kami kepada mereka adalah lebih baik bagi mereka. Sesungguhnya Kami memberi tangguh kepada mereka hanyalah supaya bertambah-tambah dosa mereka; dan bagi mereka azab yang menghinakan,” (Ali ‘Imran: 178).

Didalam ayat ini, Allah menjelaskan, seluruh rezki yang diberikan Allah kepada orang-orang kafir itu hanyalah sebgaian dari azab. Hal ini menandakan, bahwasanya Allah SWT sedang menguji mereka apakah mereka tetap beriman atau lari dari jalan Allah.

Disisi lain, Allah juga mngungkapkan dalam Surat Al-Qalam ayat 44. Didalam surat tersebut Allah menjelaskan akan menarik seluruh orang-orang yang berprilaku istidraj kedalam kebinasaan. “Maka serahkanlah (ya Muhammad) kepada-Ku (urusan) orang-orang yang mendustakan Perkataan ini (Alquran). nanti Kami akan menarik mereka dengan beransur-ansur (ke arah kebinasaan) dari arah yang tidak mereka ketahui,” (Al Qalam: 44).

Untuk itu, marilah kita sadari akan keagungan dan kebesaran Allah SWT. Dan marilah kita tafakur seraya berserah diri terhadap apa yang telah kita lalukan selama ini. Semoga dengan kesadaran dan taubatan kita, mendapatkan ridha dari Allah SWT serta syafaat dari Rasulullah SAW. Amin ya Rabbal Alamin.

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top