Kaba Agam

Bundo Kanduang, Kartini Minangkabau

Hj.Rosmiati, Ketua Bundo Kanduang Kab.Agam

Semangat emansipasi yang diperjuangkan RA.Kartini, sudah menjadi harfiah bahkan menjadi keseharian kaum perempuan di Minangkabau. Sosok Bundo Kanduang dengan segala keunggulan yang dimiliki, berperan sangat spesifik dan penting di daerah ini.

Wujud penghargaan, seteraan dan kemitraan yang menjadi implementasi semangat emansipasi sudah sejak lama diaplikasikan di Sumatera Barat. Tak hanya dikukuhkan menjadi sebuah lembaga resmi daerah, Bundo Kanduang bahkan diposisikan sebagai bagian dari forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) plus.

Ini wujud emansipasi, dimana peran dan fungsi Bundo Kanduang menjadi penentu. Apalagi, kini banyak aspek yang diwujudkan daerah dengan peran Bundo Kanduang, baik secara kelembagaan maupun secara personal, Bundo Kanduang menjadi tempat mengadu banyak pihak, termasuk menjadi tempat dimintai pendapat oleh pimpinan daerah dalam kebijakan dan keputusan penting.

Dan dalam rangkaian rubrik khusus KABA12.com di Hari Kartini, 21 April 2017, keberadaan dan pemikiran Bundo Kanduang menjadi bagian tak terpisahkan dari tema emansipasi terkini yang diusung. Catatan dan pemikiran Bundo Kanduang diharapkan menjadi bagian dari serapan ide, pemikiran dan pengalaman bagi semua pihak, tak hanya bagi kaum perempuan. Berikut catatan khusus Ketua Bundo Kanduang Agam Hj. Rosmiati, yang menjadi pamungkas 4 tokoh perempuan terbaik kabupaten Agam dalam Kartini-Kartini Kabupaten Agam 2017. Kutipannya.

Bundo Kanduang, Kartini Minangkabau

 “Aktif sejak sekolah, ikut ikatan pelajar, ikut kegiatan organisasi di kampus, apapun kegiatannya bundo ikuti, karena bundo suka berorganisasi, apalagi berhubungan dengan masyarakat.”

Berawal dari kesukaan hingga menjadi hobi berorganisasi adalah modal Hj. Rosmiati, Ketua Bundo Kanduang Kabupaten Agam eksis hingga kini. Diumurnya yang terbilang senja, perempuan yang akrab dipanggil ‘Buk Emi’ ini masih hilir mudik berjumpa dengan Puti Bungsu (perempuan muda di Minangkabau), Rang Mudo (laki-laki muda di Minangkabau) serta Bundo Kanduang (Ibu rumahtangga) di Agam.

Sesuai falsafah adat Minangkabau, Bundo Kanduang Limpapeh Rumah Nan Gadang, memiliki peranan penting dalam kaumnya.Menjadi seorang Bundo tidak hanya mengurus urusan rumahtangga saja, namun bertanggungjawab dalam mendidik, membimbing, memberi petunjuk dan nasehat terhadap kaumnya sendiri (suku).

Halaman Selengkapnya…

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top