Kaba Agam

“ Induak Bareh “ Lebih Dulu Emansipasi

Evawanti ( Ny. Eva Martiaswanto ) : Ketua Dharma Wanita Agam

Emansipasi mesti sesuai dengan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Dan prinsip itu harus menjadi acuan mendasar bagi kaum perempuan Minang, dalam mengaplikasikan peran keseharian sebagai wanita, sebagai ibu rumah tangga dan sebagai perempuan dalam pengabdian untuk masyarakat. Semua menyatu dalam eksistensi sosok perempuan Minang yang sesungguhnya.

Bahkan di Minangkabau, emansipasi justru sudah disuarakan perempuan Minang jauh sebelum RA. Kartini memperjuangkan emansipasi di era penjajahan Belanda. Hal itu dibuktikan dengan perjuangan Bundo Kanduang, banyak pahlawan perempuan Minang yang berjaya bahkan ikut berjuang mengusir penjajah.

Nama-nama tokoh perempuan Minang yang jadi pahlawan nasional seperti Rohana Kudus, Sitti Manggopoh dan beberapa nama lain yang kini jadi sosok kebanggaan perempuan Minang dalam beraktivitas.

Dan bagi Eva Wanti, yang lebih dikenal sebagai Ny.Eva Martias, sosok perempuan Minang justru menjadi kebanggaan luar biasa dalam berbagai aspek, hal itu dibuktikan dalam berbagai hal, perempuan Minang justru menjadi teladan.

Dalam rubrik khusus Kartini-Kartini Kabupaten Agam 2017, sosok Eva Wanti, kami ketengahkan karena sosok ini terkenal sebagai salah satu tokoh perempuan kabupaten Agam yang punya itensitas kegiatan tinggi, bahkan perannya sebagai “orang dapur” beragam kegiatan organisasi kaum ibu di Kabupaten Agam terkenal sukses dan menentukan.

Namun, apa pandangannya tentang RA. Kartini, emansipasi, dan kekinian kaum perempuan Minang, KABA12.com, menyarikannya dalam rangkaian peringatan Hari Kartini 2017, setelah sebelumnya kami sajikan Ny. Vita Indra Catri dan Ny. Candra Trinda Farhan.

“ Induak Bareh “ Lebih Dulu Emansipasi

Jauh sebelum emansipasi wanita disuarakan Raden Adjeng Kartini, perempuan Minang sudah berada pada posisi yang sebenarnya. Perempuan Minang dijuluki “induak bareh”, dalam artian beras (bareh) merupakan sumber makanan utama warga Indonesia, dan perempuan (induak). Jadi induak bareh adalah sumber utama kehidupan bangsa ini.

Ny. Eva Martias yang kesehariannya mengurus organisasi sosial perempuan sebagai pendamping seorang sekretaris daerah di kabupaten Agam.Meski sibuk dengan aktifitasnya mengurus berbagai hal,  bertemu masyarakat di luar rumah, mempersiaparkan berbagai agenda organsiasi melakukan pertemuan, bahkan keluar daerah mengikuti studi komperatif, namun Ibu dua anak ini tidak pernah melupakan tugas utamanya sebagai Ibu rumahtangga.

Terkait peringatan hari Kartini, menurut Ny. Eva Martias, tidak lepas dari bahasan emansipasi wanita yang disuarakan kaum perempuan Indonesia bahkan dunia internasional, yang meminta adanya kesamaan hak antara perempuan dan laki-laki.

Hal itu, menurutnya  tidak sepenuhnya terjadi ditengah masyarakat Minangkabau hingga saat ini. Sebab, perempuan Minang yang disebut “Bundo Kanduang” sudah sejak zaman dahulunya telah diagungkan, dan dihormati ditengah-tengah kaumnya.“Ada fungsi dan peran kontrol dari Bundo Kanduang untuk anak-anak yang ada di dalam kaum dan keluarganya,” ujar Eva.

Menurut Ny. Eva Martias, perempuan di Minangkabau aktif dalam berbagai hal, namun tidak meninggalkan tanggungjawabnya sebagai seorang ibu. Aktif berorganisasi dan bekerja, setelah lepas dari kegiatan rutinnya perempuan Minang pasti akan tetap mengurus keluarganya, sesuai dengan falsafah Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah.

Perempuan kelahiran Bukittinggi 45 tahun lalu itu menyebutkan, hal itu dijalanidalam kesehariannya.Sebelum menjalankan tanggungjawab organisasi yang diamanahkan padanya, urusan dan tanggungjawab rumahtangga harus dipersiapkan terlebih dahulu

Halaman Selengkapnya…

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top