Kaba Agam

Semangat Kartini, Semangat Kemitraan

Semangat RA. Kartini adalah semangat kemitraan. Itu poin penting yang menjadi makna harfiah dari emansipasi yang sesungguhnya. Jika kemitraan terjadi baik antara laki-laki dan perempuan, emansipasi yang sesungguhnya sudah terjawab dengan lugas.

Kunci emansipasi yang diaplikasikan dengan kemitraan menjadi pilar penting dalam mendorong peran semua perempuan dalam menjalankan eksistensinya, bahkan untuk masyarakat banyak.

Dan untuk mendorong itu, perlu perjuangan optimal. Tidak hanya perjuangan pencerdasan dan emansipasi wanita, tapi juga perjuangan bangsa ini dalam melawan penindasan, kebodohan dan melawan lupa akan jatidiri sebagai anak bangsa, warga Minangkabau dan warga bangsa yang mestinya satu dalam kebersamaan.

Kebhinekaan memang selalu diuji oleh kemajuan zaman. Namun, yang luar biasa adalah memadukan kemajemukan yang akan menjadi sebuah kekuatan yang bermuara pada kemajuan yang sesungguhnya, termasuk di kabupaten Agam, dan dengan kemitraan akan menjawab semua hal itu.

Dalam rangkaian Hari Kartini, 21 April 2017 , KABA12.com mengulas ringkas beberapa sosok kaum ibu luar biasa yang kami nilai sukses dalam beragam hal, sebagai perempuan, sebagai kaum ibu, sebagai istri dan sebagai pemimpin organisasi sosial yang menyita banyak energi dan perhatian.

Sebelumnya kami tampilkan sosok Hj. Yenovita, SP, atau lebih dikenal dengan Ny. Hj. Vita Indra Catri, ketua TP.PKK Agam, dan kini kami sarikan pernyataan Candra Gumilarti, atau dikenal dengan Ny. Candra Trinda Farhan, wakil ketua TP-PKK Agam, dalam rubrik khusus Kartini-Kartini Kabupaten Agam

Kemitraan, itu harapan sejak awal sosok Candra Gumilarti atau lebih dikenal dengan panggilan Ny. Candra Trinda Farhan Satria, Kartini kabupaten Agam lainnya yang kami pilih dalam rubrik khusus KABA12.com tahun ini.

Istri wakil bupati Agam ini dengan segudang kesibukannya sebagai penanggungjawab berbagai organisasi, tapi juga sebagai seorang ibu rumah tangga, pendamping Wakil Bupati Agam dan aktivitas sosial lain. Kami sarikan komentar ringkas Ny. Candra Trinda Farhan tentang kekinian semangat RA. Kartini dan harapannya untuk kaum perempuan di kabupaten Agam. Berikut kutipannya.

Candra Gumilarti( Ny. Candra Trinda Farhan ) – Ketua GOW Agam

Semangat Kartini, Semangat Kemitraan

Kemitraan antara laki-laki dan perempuan dalam menjalankan setiap peran ditengah- masyarakat menjadi kata kunci makna emansipasi yang sesungguhnya.Dengan kemitraan semua aspek akan terjawab dengan baik termasuk akan menjadi pembuktian semangat emansipasi wanita dimata kalayak.

Prinsip itu Candra Gumilarti, atau biasa disapa,  Ny. Candra Trinda Farhan, berhasil memberikan kontribusi positif pada setiap tugas dan tanggungjawab yang melekat pada statusnya sebagai istri Wakil Bupati Agam.

Mendapat didikan dari kedua orang tua yang berprofesi sebagai guru, dirinya ditempa dengan hidup disiplin, mandiri, ulet, dan bertanggungjawab.Sejak kecil, seperti kebanyakan anak-anak saat itu, Candra bercita-cita ingin menjadi seorang Polwan.

Namun seiring berjalannya kehidupan dan meningkatnya pendidikan yang ditekuninya, perempuan kelahiran Jember, Jawa Timur, 25 Maret 1971 itu mendedikasikan dirinya untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Menamatkan kuliah di Fakultas Pertanian Unand sebagai seorang Sarjana Pertanian, hingga dipertemukan dengan belahan jiwanya Trinda Farhan Satria, yang kini telah memberikan keturunan enam orang jagoan, membuatnya semakin percaya diri dan gigih menjalani setiap tanggungjawab yang dibebankan kepadanya.

“Apapun peran yang dilakukan oleh seorang perempuan dalam masayarakat, tidak terlepas dan tidak melupakan peran utamanya di rumahtangga,” tegas Candra Gumilarti.

Halaman Selengkapnya…

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top