Kaba Agam

Pemerintah Akan Bangun Pulau Reklamasi di Maninjau

Maninjau, KABA12.com — Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, menjelaskan bahwa pemerintah mempersiapkan Action Planning kedepan, nyata, dan terbukti hasilnya, untuk kemudian dinikmati oleh masyarakat.
Aksi nyata yang akan dilakukan secepatnya yakni, melakukan pengangkatan sendimen, pemeliharaan, dan pencegahan.

Salah satu upaya, untuk mengatasi sendimen yang menumpuk di dasar danau Maninjau, Irwan Prayitno menjelaskan, pemerintah berencana untuk menumpukkan sendimen yang mengendap di dasar danau di satu titik. Penumpukkan tersebut nantinya, akan dibuat menjadi sebuah pulau.

“Selain untuk tempat pembuangan sendimen, pulau itu natinya akan dibuat menjadi tempat wisata, semacam pulau reklamasi, tidak akan merugikan masyarakat, dan tentunya ini akan menambah lahan baru,” kata Irwan Prayitno kepada kaba12.com.

Gubernur Sumbar yang akrab dipanggil IP itu menambahkan, untuk pembuatan pulau tersebut pihak dari Kementarian dan Balai telah menyiapkan dana sebanyak Rp.2 trilliun. “Pembuatan pulau tersebut masih dalam proses pengkajian lebih dalam dengan yang unsur terkait,” ujarnya.

Selain itu IP juga memberikan apresiasi kepada Pemkab.Agam yang sudah melakukan berbagai terobosan untuk menyelamatkan danau Maninjau (Save Maninjau) seperti, gotong royong, moratorium, menjaga sumber air baku, membentuk tim Save Maninjau, dan masih lain-lain.
“Kabupaten Agam harus mempertahankan apa yang sudah dilakukan saat ini, itu nilai positif,” tutupnya.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top