Agam

BPJS Kesehatan Sosialisasi JKN-KIS di Agam

Lubuk Basung, KABA12.com — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) wilayah Bukittinggi, sosialisasikan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat JKN-KIS kepada seluruh badan usaha yang ada di kabupaten Agam, Rabu (22/03).

sosialiasiKepala Cabang BPJS Bukittinggi Sjahjadi mengatakan, sesuai dengan UU No.24 tahun 2011, bahwa pemberi kerja wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta jaminan kesehatan kepada BPJS Kesehatan dengan membayar iuran.

“Iuran bagi peserta pekerja penerima upah yang bekerja di BUMN, BUMD, dan swasta sebesar 5% dari gaji atau upah perbulan, dengan ketentuan 4% dibayar oleh pemberi kerja, dan 1% dibayar oleh peserta,” jelasnya.

Sjahjadi menambahkan, batas paling tinggi gaji atau upah per bulan sebagai dasar perhitungan iuran sebesar Rp 8 juta,-.
Iuran tersebut sudah menanggung jaminan kesehatan bagi pekerja, istri/suami yang sah, dan tiga orang anak.

Sementara Sekretaris Daerah Agam Martiaswanto yang membuka secara resmi kegiatan tersebut mengungkapkan, pemerintah menginginkan seluruh pelaku usaha di Agam bisa memberikan jaminan kesehatan kepada karyawannya.

” Harapan pemerintah, seluruh pelaku usaha yang memberi kerja, yang memiliki karyawan, mendaftarkan pekerjanya kepada BPJS untuk jaminan kesehatan, karena ketika si pekerja merasa kesehatannya sudah terjamin dia bisa lebih konsentrasi untuk bekerja,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Sekab.Agam juga berharap BPJS lebih proaktif memberikan informasi, sehingga masyarakat faham dan target menjadikan masyarakat Agam yang sehat, pintar dan sejahtera dapat terwujud.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top