Kaba Terkini

Mesjid Tuo Pincuran Gadang, Serpihan Sejarah Minangkabau

Agam, KABA12.com — Mesjid Tuo Pincuran Gadang, adalah salah satu mesjid bersejarah di Jorong Batu Baselo Nagari Matua Hilia, Kecamatan Matua, Kabupaten Agam. Dalam sejarahnya, mesjid itu dibangun Tuanku Nan Putiah, yang merupakan seorang ulama di daerah tersebut.

Masjid tersebut, memiliki 9 tiang dari kayu yang terkonsentris pada satu tiang besar di tengah mesjid, di dinding bagian dalam memiliki ukiran kaligrafi dan sebuah menara di sisi luar yang dahulunya digunakan untuk mengumandangkan azan.

Zulkifli, salah seorang pengurus mesjid Tuo Pincuran Gadang menjelaskan, tempat ibadah yang dibangun sekitar abad ke 17 M tersebut merupakan serpihan bukti sejarah awal perkembangan masyarakat Minangkabau dari Pariangan Tanah Datar dalam mencari daerah baru. “Nenek moyang yang pergi mencari wilayah baru terbagi menjadi 2 rombongan, sebagian ke arah Utara dan menetap di Bansa di Kamang Magek dan sebagian lagi ke arah Barat menuju kaki gunung Singgalang yang dekat dengan Matur. Setelah menemui tempat yang cocok, didirikan sebuah tempat ibadah di dataran dibawah perbukitan yang memiliki sumber mata air”, ujar Zulkifli.

Mesjid yang juga erat kaitannya dengan sejarah Perang Paderi yang dipimpin Tuanku Imam Bonjol (1821-1837). Tak hanya menjadi tempat mendalami ajaran Islam, mesjid ini juga tempat mengumandangkan semangat jihad sekaligus benteng pertahanan, terbukti dengan sebuah peninggalan 20 lubang pertahanan atau yang disebut masyarakat sekitar Labuang Duo Puluah, yang terletak di Nagari Matur Hilia.

Yang menarik di bagian Selatan mesjid, terdapat sebuah mata air jernih yang dibentuk menjadi kolam pemandian yang tidak pernah sepi pengunjung baik dari dalam maupun luar daerah. Serpihan sejarah yang dibangun di mesjid Tuo Pincuran Gadang ini diharapkan lestari dengan ragam langkah untuk memelihara ornamen sejarah agar generasi muda tak lupa akan sejarah daerahnya sendiri.

(Johan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top