Kaba Terkini

Gedung Stasiun Meteorologi Maritim Teluk Bayur Diresmikan

Padang, KABA12.com — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Kepala BMKG Andi Eka Sakya, meresmikan gedung kantor dan operasional BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Teluk Bayur, Senin (20/03). Peresmian gedung berlantai dua di Jalan Sutan Syahrir, Komplek Pelindo No 26 Rawang, Padang Selatan itu ditandai penandatanganan prasasti oleh Kepala BMKG dan Gubernur Sumbar.

Irwan Prayitno mengatakan, sebagai wilayah yang berada disisi pantai Barat pulau Sumatera, sangat memerlukan informasi dari BMKG untuk menyokong pelayaran, pariwisata, perikanan, pertanian, dan sektor sektor lainnya.

“BMKG Maritim bertugas mengamati dan menganalisa tinggi gelombang laut di perairan Sumbar, sehingga keberadaannya dibutuhkan untuk mendukung kelancaran transportasi laut, maupun aktivitas nelayan dalam menangkap ikan,” sebutnya.

Menurutnya, BMKG Maritim sangat dibutuhkan oleh pemerintah maupun masyarakat, karena prakiraan-prakiraan yang dianalisa merupakan referensi bagi semua pihak untuk beraktifitas di laut.

Sementara, Kepala BMKG pusat, Andi Eka Sakya menjelaskan, keberadaan BMKG Maritim di Sumbar merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk menunjang keselamatan transportasi laut. “Kondisi geografis Sumbar cukup strategis dalam perhubungan kelautan, namun juga rentan terhadap bencana seperti gempa dan tsunami, oleh sebab itu, BMKG Maritim Teluk Bayur ditugaskan untuk mengamati kondisi kelautan Sumbar dan menganalisanya kemudian memberikan informasi secara berkala pada pihak terkait,” pintanya usai meresmikan gedung.

Saat ini, BMKG telah memiliki lima stasiun yang tersebar di Sumatera Barat. Stasiun GAW Bukit KotoTabang, Stasiun Klimatologi Padang Pariaman, Stasiun Meteorologi Minangkabau Padang Pariaman, Stasiun Geofisika Padang Panjang dan Stasiun Meteorologi Maritim Teluk Bayur.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top