Kaba Terkini

Tips Bekerja Secara Remote Pada Lebaran Idul Fitri

Life, KABA12.com — Lebaran Idul Fitri pada tahun 2017 ini dijadwalkan jatuh pada (25-26/06) mendatang. Hal itu, nantinya tidak luput dengan sejumlah akses berita terkait aktivitas masyarakat khususnya Indonesia yang dikenal dengan “MUDIK”.

Mudik merupakan suatu tradisi disetiap lebaran bagi perantau untuk pulang ke kampong masing-masing. Tak ayal, sejumlah transportasi harus bekerja extra dalam melakukan pelayanan kepada para pemudik. Terlebih bagi pemudik yang bekerja di perusahaan atau perkantoran.

Hal tersebut, terkait dengan langkah-langkah yang dilakukan dalam mengatur jadwal cuti dan pemilihan tanggal keberangkatan yang tepat untuk menghindari kemacetan, terlebih pada H-3 Lebaran.

Seperti yang dilansir Kompas.com, ada lima hal yang harus diperhatikan agar bekerja secara remote dari rumah bisa berjalan dengan maksimal.

Tetapkan jam kerja yang sama dengan kantor

Meskipun bekerja dari rumah, jam kerja harus tetap diatur sesuai dengan jam kerja kantor. Atur jam kerja seperti biasa, misalnya dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Dengan begini, kolaborasi dengan rekan kerja di kantor bisa tetap berjalan denganbaik.

Selama jam bekerja yang sudah ditetapkan ini, hindari melakukan kegiatan di luar urusan kantor seperti mengecek email pribadi, bermain games, dan lain-lain. Selesaikan urusan lain seperti bersih-bersih rumah sebelum mulai bekerja.

Siapkan ruangan khusus untuk bekerja

Selain waktu kerja yang harus diatur, ruangan untuk bekerja di rumah pun harus disiapkan. Gunakan kamar pribadi atau ruangan lainnya yang bisa membuat Anda tetap berkonsentrasi selama bekerja. Jika perlu, tambahkan ornamen lain yang dirasa bisa menambah semangat bekerja Anda, misalnya saja bunga segar, aromatherapy, atau alunan music tertentu.

Selama bekerja, pastikan agar ruangan Anda memiliki jendela besar yang bisa dibuka agar sirkulasi udara tetap lancar.

Pastikan koneksi internet lancer

Bekerja secara remote, internet menjadi salah satu factor penentu kelancaran pekerjaan Anda di rumah. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik agar komunikasi dengan rekan kantor tidak terhambat.

Jangan segan berganti provider untuk sementara jika provider internet Anda sebelumnya memiliki performa yang kurang. Usahakan tetap aktif di forum kantor agar tetap bisa terhubung dengan kolega, lead atau manajer Anda pada saat dibutuhkan.

Hindari memakai baju santai

Memakai baju kerja bisa membantu Anda lebih focus saat bekerja di rumah. Secara psikologis, tubuh dan pikiran Anda akan merasakan ada masa transisi dari waktu bersantai di rumah kewaktu bekerja secara professional seperti biasanya.

Lakukan rutinitas pagi seperti biasa yang Anda lakukan sebelum berangkat kekantor, mulai dari mandi sampai berpakaian rapi. Dengan begitu, atmosfer bekerja akan terjaga dan Anda bisa tetap produktif di jam kerja yang telah ditetapkan sebelumnya.

Ambil waktu istirahat

Anda tetap perlu waktu istirahat di tengah bekerja di rumah. Buat jeda satu jam saat siang hari untuk beristirahat. Gunakan waktu istirahat ini untuk salat dan tidur sebentar atau keluar dari kamar dan bertemu dengan anggota keluarga lainnya.

Jika ada sesuatu yang mendesak dan butuh jeda di luar waktu istirahat, informasikan pada rekan kerja di kantor. Dengan begitu, mereka tahu bahwa Anda sedang tidak bisa dihubungi untuk sementara waktu.

Bekerja secara remote di rumah menjelang Lebaran bisa dilakukan jika Anda bisa mendisiplinkan diri. Kuncinya tentu saja mematuhi jadwal kerja yang telah dibuat dan komunikasikan kekeluarga agar tidak ada gangguan di luar pekerjaan yang datang.

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top