Kaba Terkini

Langkah Jitu Menghindari “Teledor” Dalam Islam

 “Kegigihanmu pada apa yang telah Allah SWT jamin untukmu, sementara engkau teledor untuk mengerjakan hal-hal yang merupakan keharusan bagimu, merupakan tanda lenyapnya mata batinmu.”

Allah SWT sebagai sang khaliq memberikan kepada manusia dua mata yakni mata lahir, dan mata batin. Mata lahir, dalam bahasa Arab, disebut bashar. Sedangkan mata batin disebut bashirah.

Mata lahir hanya mampu mengindera hal-hal yang kasat-mata. Akan tetapi, mata batin mampu melihat hal-hal yang tidak dapat terjangkau oleh mata lahir yang bersifat halus, lembut, rohani, dan metafisik.

Orang-orang yang tidak beriman sekalipun kepada Allah SWT mata batinnya akan tertutup untuk dapat melihat karunia-Nya yang bersifat rohani. Sehingga kebanyakan mereka terpenjara dengan hal-hal yang bersifat materi. Hal ini sangat menjrus kepada materi dan karunia dari Allah SWT. Sebagai firman Allah dalan surat al-ankabut ayat 60. “Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”[QS Al Ankaboot/29: Ayat 60]

Secara umum, ayat ini menegaskan bahwa rezeki setiap makhluk merupakan hal yang sudah dijamin oleh Allah SWT. Untuk itu, manusia  tidak perlu gusar dalam mencari apa yang memang sudah menjadi jaminan-Nya. Terlebih hal tersebut sampai membuat beberapa manusia menjadi lalai dalam melaksanakan apa yang menjadi kewajiban kepada Allah SWT.

Untuk mengatasi hal tersebut, Allah telah memfirmankan kepada manusia untuk melaksanakan amalan-amalan yang mampu menuntun seorang menuju jalan Tuhannya seperti zikir, shalat, wirid, dsb. Hal ini dijelaskan Allah dalam surat Ad Dhariyat ayat 56. “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”[QS Ad Dhaariyat/51: Ayat 56].

Untuk itu, marilah kita sadari akan pentingnya beriman kepada Allah. Karena dengan hal tersebut akan menuntun manusia kepada nikmat, rahmat serta karunia dari Allah SWT.

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top