Agam

Indra Catri: Penyelamatan Maninjau Capai Momentum Yang Kuat

Lubuk Basung, KABA12.com — Dibentuknya tim terpadu #save Maninjau menurut Bupati Agam Indra Catri telah mencapai momentum yang kuat. Pasalnya, tim tersebut misinya untuk menyelamatkan aset bangsa.

“Kini, penyelamatan danau Maninjau mencapai momentum yang kuat, karena  tim terpadu berbadan hukum, memiliki anggaran, dan berwenang penuh untuk menyalamatkan aset bangsa ini,” ujar Indra Catri usai melantik tim terpadu penyelamatan danau Maninjau di aula BAPPEDA, Rabu (15/03).

Bupati juga mengungkapkan berbagai usaha telah dilakukan sebelumnya untuk penyelamatan danau Maninjau, salah satunya komitmen bersama walinagari Salinga Danau Maninjau.

“Kita telah bentuk forum walinagari Salingka Danau Maninjau sebelumnya, tapi masih belum berhasil mengatasi persoalan tersebut, kita harap tim terpadu ini dapat memberi perubahan,” harap Indra Catri.

Sebagai tindak lanjut Bupati meminta tim memberikan laporan secara berkala setiap bulannya, sebagai evaluasi kegiatan.

Berdasarkan hasil penelitian Balai Wilayah Sungai Sumatera V pada tahun 2014 sebelumnya, jumlah sedimen dasar danau Maninjau telah mencapai 50 juta kubik. Tidak hanya itu, laju erosi pada hulu DAS Antokan mencapai 195,26 ton/ha/tahun dan tingkat bahaya erosi pada kawasan daerah tangkapan air danau telah mencapai kategori berat.

“Saya keberatan danau seperti itu, tidak hanya saya, seluruh masyarakat juga tidak menginginkan kondisi danau yang seperti itu,” tutupnya.

 

(Jaswit)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top