Kaba Terkini

Disdikbud Akui Tak Ada Anggaran Pengadaan Alat dan Perlengkapan Kesenian

Lubuk Basung, KABA12.com — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam lakukan pendataan kembali seluruh sanggar seni tradisional yang berada di Kabupaten Agam. Kadisdikbud Agam, Isra, menjelaskan, upaya itu dilakukan untuk mengetahui jumlah sanggar yang ada. “Itu dilakukan agar bisa mengetahui berapa sanggar seni yang aktif dan tidak aktif serta yang masih belum terdaftar hingga tahun 2016 lalu,” ujar Isra, saat diwawancara KABA12.com, Rabu (15/03).

Isra menambahkan, saat ini Disdikbud sedang berupaya agar seluruh sekolah dan nagari di kabupaten Agam bisa memiliki sanggar seni tradisional, “jika ada yang berminat untuk mendirikankan sanggar di nagari, bisa berkordinasi dengan dinas, nantinya kami akan mengutus tim untuk, melakukan penyuluhan serta memberi pelatih jika belum mempunyai guru seni,” ulasnya.

Disinggung masalah anggaran untuk pengembangan seni budaya tradisional, Ia mengaku saat ini Disdikbud Agam tidak memiliki anggaran untuk mendirikan sanggar seni. “Kebanyakan masyarakat mengajukan proposal untuk pembelian perlengkapan sanggar serta alat musik, kami bisa membantu ketika ada dana bantuan dari provinsi atau pusat yang turun ke daerah khusus untuk pengadaan,” jelas Isra.

Disdikbud Agam berharap sanggar seni di setiap nagari dan sekolah bisa merangsang generasi muda untuk lebih mencintai budaya lokal. “Saat ini pemuda lebih menyukai kesenian modern barat dibandingkan seni tradisional minangkabau, jika sudah dihidupkan disetiap nagari bisa merangsang kembali kecintaan kepada seni budaya sendiri,” ulasnya.

(Johan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top