Kaba Agam

Agam Butuh Percepatan Pembangunan Ekonomi Daerah

Lubuk Basung, KABA12.com — Sosialisasi Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Pemkab.Agam, di aula Bappeda, Selasa(14/03) menghadirkan para ahli yakni, dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas. LPPM Univertas Andalas yang terdiri dari, Dr. Ing. Uyung Gatot S.

Dinata sebagai ketua LPPM, Prof. Dr. James Hellyward, dan Prof. Dr. Ir. Firwan Tan. Prof. Dr. Ir. Firwan Tan menjelaskan, Agam memerlukan dan sudah seharusnya melaksanakan peningkatan kapasitas inovasi untuk mempercepat pembangunan ekonomi daerah, peningkatan daya saing, dan keterlibatan di dalam koridor ekonomi I MP3EI 2011-2025.

Agam Butuh Percepatan Pembangunan Ekonomi Daerah“Perumusan masalah yang ada di Kabupaten Agam diantaranya, daya saing daerah Agam belum diketahui secara menyeluruh, SIDa Agam belum teridentifikasi, belum diketahui tingkat kematangan dan tingkat upaya dan dampak determinan SIDa Agam, dan belum diketahui tingkat kematangan industri dan daya saing produk olahan Agam,” ujarnya.

Dia menambahkan, SIDa ini bertujuan membentuk dan memperkuat sistem inovasi daerah Agam yang terarah, komprehensif, terintegrasi dan berkelanjutan, serta mendukung penuh pembangunan ekonomi daerah berbasi inovasi. “Tanpa inovasi, suatu daerah tidak punya daya saing, inovasi diperlukan untuk solusi dan akselerasi daerah, dan yang terakhir sistem inovasi mesti diinisiasi dan difasilitasi pemda,” ujarnya lagi.

Dalam Roadmap penguatan SIDa memuat beberapa hal yakni, kondisi SIDa saat ini, tantangan dan SIDa, kondisi SIDa yang akan dicapai, arah kebijakan dan strategi penguatan SIDa, fokus dan program prioritas SIDa, dan rencana aksi penguatan SIDa. “Roadmap penguatan SIDa memuat seluruh program dan kegiatan yang didanai bisa dari, APBN, APBD Provinsi, APBD Kab/Kota, dan pendapatan yang sah dan tidak mengikat,” jelasnya.

Aspek kekuatan SIDa yang masih belum ada di Kabupaten Agam terdiri dari beberapa aspek yakni, kebijakan khusus SIDa di RPJPD/ RPJMD, penataan unsur SIDa, pengembangan SIDa, Pelaksanaan SIDa, fokus produk, Roadmap penguatan dan rencana aksi SIDa, dan RPJMD berdasarakan Roadmap penguatan SIDa sesuai PB Mendagri dan Menristek.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top