Kaba Agam

Agam Butuh Inovasi Kreatif

Lubuk Basung, KABA12.com — Bupati Agam, Indra Catri, secara resmi membuka sosialisasi penguatan sistem inovasi daerah di aula Bappeda Agam, Selasa (14/03). Sosialisasi ini pertama kali dilakukan di Kabupaten Agam. Kegiatan yang dihadiri, ketua Komisi II DPRD Agam, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala OPD terkait, narasumber dari Universitas Andalas ( UNAND ) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), camat dan walinagari se Kabupaten Agam.

penguatan inovasi daerah 2Dalam sambutannya Indra Catri mengatakan, dalam mewujudkan kehidupan masyarakat Kabupaten Agam yang sejahtera perlu dilakukan upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, berkelanjutan, dan berkeadilan. Salah satunya dengan meningkatkan daya saing ekonomi daerah serta menumbuhkembangkan ekonomi kreatif di tengah – tengah masyarakat.

“Kita perlu inovasi dalam pembangunan yang secara komprehensif berkolaborasi dengan seluruh sektor pembangunan, sehingga daya saing ekonomi dan ekonomi kreatif dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” ujarnya.

Indra Catri menambahkan, sistem inovasi saat ini sangat dibutuhkan di Kabupaten Agam, mengingat berbagai persoalan di bidang ekonomi yang semakin kompleks diantaranya, karakteristik pasar yang dinamis, kompetisi global yang semakin ketat, kecenderungan membentuk jejaring, posisi tenaga kerja dengan upah tinggi serta rendahnya jiwa kewirausahaan masyarakat.

“Dengan sistem inovasi daerah diharapakan dapat mengatasi berbagai persoalan tersebut, serta menciptakan sinergi antara lembaga penelitian dan pengembangan (perguruan tinggi), dunia usaha dan pemerintah menuju era ekonomi yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi,” harap Indra Catri.

Beberapa inovasi yang telah dilaksanakan yakni, Agam Menyamai, Thaharah Mesjid, Gerakan WC Bersih, Magrib Mengaji, Festival Ramadhan, Ikhlas Membayar Zakat, Jamkesda dan beberapa inovasi dibidang informasi dan teknologi. Saat ini Agam juga sedang mengembangkan e-planning, e-budgetting dan e-commerse.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top