Kaba Terkini

PWI Agam Pelajari Pembibitan Tanam Bawang Merah

Solok, KABA12.com — Salah satu agenda kunjungan jurnalistik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten Agam ke Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Minggu (12/03) berbagi informasi di sektor pertanian. Salah satunya, Kelompok Tani Kembali Jaya yang merupakan salah satu kelompok tani yang sukses meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah tersebut. Kelompok tani yang memiliki anggota 60 orang itu bergerak pada bidang budidaya tanaman bawang merah.

Ketua kelompok tani, Ardalis didampingi sekretaris, Yelfa Ilfida Hasan, langsung mengajak anggota safari jurnalistik Agam melihat perkebunan bawang merah yang mereka kelola. Kepada KABA12.com, Ardalis mengatakan kelompok tani yang dipimpinnya sudah berdiri sejak tahun 2003 dan memiliki lahan lebih kurang 30 hektar, “saat ini kami sudah memiliki 30 Hektar lahan pertanian yang 90 persennya ditanami bawang merah,” katanya.

petani solokTak hanya melihat perkebunan, ketua kelompok tani itu juga membawa tim safari melihat pembibitan bawang merah yang berada tak jauh dari lokasi pekebunan. “Mengenai bibit, semuanya juga diambil dari hasil panen bawang merah yang berukuran kecil setelah di jemur selama 20 hari kemudian dibersihkan sebelum ditanam kembali,” ulasnya.

Ardalis mengaku pengelolaan lahan yang dilakukan secara bersama-sama, dalam setahun dapat dilakukan 3 kali tanam. Satu hektar lahan bisa menghasilkan 15 ton bawang merah. Disinggung masalah kendala yang mereka hadapi dalam pertanian, Ardalis mengaku, iklim yang sering berubah, serta tidak adanya ke stabilan harga beli dari para toke. “Kendala berkebun bawang merah adalah iklim, namun Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sudah mengajarkan kami bagaimana cara mengatasinya, akan tetapi saat ini adalah tidak adanya kestabilan harga beli para tengkulak, kami berharap pemerintah mau mendirikan koperasi yang menampung hasil panen para petani” harapnya.

(Johan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top