Kaba Terkini

10 Macam Untuk  Menghindari Penyakit Jantung

Life, KABA12.com — Sakit jantung memang tidak pandang bulu, karena sakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahya, penyakit ini bisa menyerang semua orang dan menyebabkan kematian. Oleh karena itu, diharapkan semua orang mengetahui cara mencegah penyakit jantung, sehingga tidak sampai terkena penyakit yang satu ini. Ibaratkan pepatah “mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Seperti yang dikutip mencegahpenyakit.com, pencegahan penyakit jantung lebih murah dalam segi biaya dibandingkan dengan pengobatan penyakit jantung yang memakan banyak biaya, karena proses pengobatan penyakit jantung sangatlah mahal. Berikuut ini cara menghindari Penyakit Jantung :

  1. Jika perokok, segeralah berhenti merokok.

Karena rokok sangat berbahaya dan menyebabkan penyakit jantung, oleh karena itu segera hentikan kebiasaan merokok ini untuk bisa mencegah penyakit jantung agar jantung tetap sehat.

  1. Perbanyak konsumsi antioksidan.

Setiap harinya secara sadar maupun tanpa disadari kita telah terkontaminasi oleh polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menyebabkanmunculnya radikal bebas di dalam tubuh kita. Radikal bebas di dalam tubuh dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Untuk dapat mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Kandungan antioksidan dapat kita peroleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran yang bisa kita konsumsi untuk mencegah penyakit jantung.

  1. Ketahui Tekanan tubuh

Kenalilah tekanan darah pada tubuh kita, dan upayakan supaya tekanan darah dalam tubuh anda mencapai angka 115/75. Tenakan darah mungkin bahkan lebih penting daripada kolesterol. Dan bisa menurunkan tekanan ini sendiri,Cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan  olah raga teratur, kurangi lemak di perutdan kurangi mkanan yang berkolesterol. karena lemak diperut ini dapat menutupi dan melindungi organ-organ penting dalam tubuh, supaya organ-organ ini bisa bekerja lebih baik, dibutuhkan tekanan darah lebih. Jadi, ketika lemak perut berkurang, tekanan darah yang dibutuhkan akan menurun drastis cepat.

  1. Makanlah 250gr kacang-kacangan setiap hari.

Kacang-kacangan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, HDL, dan menurunkan radang. Kacang-kacangan juga dapat membantu menyehatkan jantung dengan alasan yang belum jelas. Kacang memiliki kadar asam lemak Omega 3 tinggi, memiliki protein dan serat tinggi.

  1. Mengetahui kadar HDL dan coba tingkatkan sampai di nilai 50.

Bagi wanita, nilai HDL tinggi jauh lebih baik daripada LDL rendah. Entah kenapa, tapi yang jelas, makin tinggi nilai HDL, makin bagus (50 sudah termasuk bagus). Cara termudah untuk meningkatkan nilainya adalah olahraga, kurangi minuman keras, makan makanan dengan lemak sehat, misalnya: zaitun, canola. Asam Pantotenat (vit. B5) juga bisa membantu.

  1. Janganlah makan minyak jenuh lebih dari 20 gram setiap hari, dan gunakan minyak trans seminimal mungkin.

Lemak jenuh dan lemak trans akan menyebabkan radang arteri. Cinnamon roll (roti kayu manis) memiliki 7 gram lemak jenuh. Minyak trans (misalnya dalam mentega atau margarin), sering ditemukan dalam makanan yang diproses atau dipanggang dalam oven.

  1. Kurangi minuman beralkohol

Kami sendiri masih belum jelas, tapi minuman beralkohol seperti bir dan anggur memiliki efek anti – radang. Tapi sering ditemukan bahwa mereka yang tidak minum alkohol sama sekali, malah memiliki kemungkinan serangan jantung lebih tinggi daripada mereka yang minum sedikit-sedikit.

  1. Jagalah pola makan.

Makan 9 porsi sayuran dan buah setiap hari. Buah dan sayuran penuh dengan serat. Coba pelan-pelan tingkatkan jumlahnya dalam 2 – 6 minggu. karena jika jumlahnya meningkat drastis, malah kurang baik hasilnya, dan mempengaruhi pencernaan anda sendiri

  1. Gerakkanlah tubuh.

Paling sederhana adalah dengan berjalan minimal selama 30 menit setiap hari. Berjalan setengah jam setiap hari dapat menurunkan resiko serangan jantung sekitar 30 persen. Ini semacam ujian bagi anda, Jika anda sukses melakukan hal ini, kemungkinan anda mulai akan melakukan kompromi-kompromi yang lain.

  1. Istirahatkan pikiran dan hindari stres.

Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Sangat disarakan supaya anda dapat menjaga kondisi pikiran anda, dan jangan sampai mengalami stress, karena dengan mencegah stress anda dapat menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.

(Tim Liputan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top