Kaba Terkini

KK Miskin Garap Program Menyemai

Tiku, KABA12.com — Kelompok kekuarga miskin yang tergabung dalam Program Keluarga Harapan (PKH) nagari Tiku Utara, kecamatan Tanjung Mutiara garap program Agam menyemai secara maksimal.
Tercatat sebanyak 11 kelompok keluarga miskin yang beranggotakan 110 orang itu garap kebun pembibitan dan pengembang tanaman produktif.

Komoditi yang dikembangkan terutama bibit kacang ijo,kacang tanah, kacang kedelai dan jenis tanaman lain yang saat ini sudah mampu memenuhi permintaan banyak pihak.

Seperti dijelaskan plt.wali nagari Tiku Utara Weri Ikhwan didampingi tenaga pendamping PKH Rudi Hartono , program kebun bibit itu sangat efektif dan mampu mendorong aktivitas anggota keluarga miskin yang masuk dalam data base program keluarga harapan.

” Hal ini sangat membantu KK miskin itu dalam mengembangkan usaha produktif khususnya dalam bidang perkebunan sehingga menjadi lapangan usaha,” sebut Weri Ikhwan.

Produksi kebun bibit KK miskin itu sudah memberikan kontribusi bagi kelompok dan anggota bahkan direncanakan akan dilakukan penambahan jenis bibit sesuai permintaan banyak pihak.

” Kita akan dorong pengembangan kebun bibit itu sehingga bisa memberi hasil maksimal bagi anggota kelompok,” ulas Weri Ikhwan.

Di wilayah Tiku Utara saat ini bermunculan berbagai kelompok perkebunan yang mengembangkan pembibitan seiring program Agam menyemai yang jadi ikon di Sumbar saat ini.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top