Kaba Terkini

Sejarah Baru di Muaro Putuih, Malewakan Gala Letkol.Rismubeda “Luar Biasa”

7Tiku, KABA12.com — Prosesi malewakan gala sako Dt.Hakim Bangso Dirajo Nan Sati pasukuan Mandailiang nagari Tiku V Jorong, kecamatan Tanjung Mutiara kepada Letkol.Laut. Rismubeda, SH, MH, di Muaro Putuih betul-betul luar biasa. Pasalnya prosesi sakral yang digelar selama 3 hari itu Jumat sampai Minggu (03-05/03) betul-betul menyedot perhatian luar biasa masyarakat Sumatera Barat. Dibuktikan ribuan warga mendatangi kompleks acara yang disulap khusus oleh panitia alek, tak hanya lokasi malewakan gala yang mewah, tapi rangkaian event acara syukuran dan pesta rakyat berlangsung spektakuler.

8Panitia acara seperti dijelaskan Agusmardi Sidi Bandaro dan Heri Kasri sengaja menyuguhkan hal yang berbeda untuk masyarakat, karena acara malewakan gala itu merupakan sejarah khusus bagi nagari Tiku V Jorong.

Untuk moment itu panitia sengaja menyajikan pertunjukan spektakuler dengan pentas conser khusus , dengan ligthing multimedia yang canggih ditambah pesta kembang api yang memukau sehingga ribuan warga yang memadai lokasi acara tak ingin beranjak walau hujan lebat mengguyur wilayah itu. ” Kita ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan ini akan menjadi bagian sejarah bagi nagari ini,” sebut Agusmardi Sidi Bandaro.

5Prosesi malewakan gala sendiri berlangsung semarak Minggu (05/03) ribuan warga berjubel lokasi acara, tak jurang dari 1000 jamba berdatangan dari anak kemenakan dan pusako alek apalagi kehadiran Mayjen. TNI. Markoni, SH, MH , Kababinkum TNI menambah gelegar acara itu. Apalagi prosesi penyambutan jenderal bintang 2 putra Nareh, Pariaman itu dengan galombang duo suduik Bukik Malintang diiringi tambua tansa Koto Kaciak Tanjung Raya, serta silek tradisi dari Lubuk Basung menambah kesan dukungan maksimal untuk acara akbar itu.

10” Kami sangat berterimakasih atas dukungan dan kehadiran masyarakat dan tokoh-tokoh ninik mamak dan para pimpinan daerah, amanah ini adalah untuk masyarakat anak kemenakan,” Sebut Letkol.R.Dt.Hakim Bangso Dirajo Nan Sati.

Calon pemimpin masa depan Agam ini berharap komitmen membangun daerah melalui nagari dengan penguatan ninik mamak. “Dengan prinsip kusuik manyalasaian dan karuah mampajaniah, sehingga kemajuan dan kesejahteraan masyarakat betul-betul terealisasi,” harapnya.

6Prosesi malewakan gala yang semarak dengan kehadiran sako pusako suku Mandailiang dari nagari Bawan, Manggopoh, Labuhan, Subang-Subang, Cacang yang disambut tambua tansa, termasuk kehadiran ketua LKAAM Sumbar M.Sayuti yang menyerahkan langsung kartu tanda anggota LKAAM Sumbar pada R.Dt.Hakim Banso Dirajo Nan Sati usai dilewakan serta kehadiran bupati Agam Indracatri Dt.Malako Nan Putiah menambah semarak suasana acara sakral tersebut.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top