Kaba Terkini

Jalinsum Riau Sudah Bisa Dilewati, Gubernur Adakan Evaluasi

Padang, KABA12.com — Jalan lintas Sumbar – Riau yang putus Jumat (03/03) akibat banjir dan longsor, kini telah bisa dilewati. Hal itu diungkapkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam rapat koordinasi (rakor) evaluasi dan penanganan bencana banjir dan longsor di kabupaten 50 Kota, Sijunjung, dan Dharmasraya, yang melibatkan seluruh stakeholder terkait, baik Forkompinda, OPD Pemprov, dan Kabupaten Kota, PLN, Telkom, Balai Wilayah Sungai V, Balai Pelaksana Jalan Nasional, Minggu (05/03).

“Alhamdulillah, untuk banjir saat ini sudah surut, longsor sudah ditangani, sehingga setidaknya jalur lintas Sumbar – Riau sudah bisa dilalui, sementara untuk pengamanan dan pengkondisian jalur lintas perhubungan, diawasi dan dievaluasi oleh Kepolisian dan Dinas PU, jadi masyarakat tidak perlu khawatir, walau tetap waspada karena jalan licin dan padat,” ujar Irwan Prayitno di akun instagram miliknya.

rapat 1Dari evaluasi yang dilakukan tim, 64 titik longsor berada di lokasi yang di sana berlangsung galian ilegal, “saya sudah perintahkan penertiban agar tidak lagi mengganggu ekosistem yang menjadi salah satu penyebab banjir dan longsor ini,” tegasnya.

Irwan Prayitno mengungkapkan, salah satu akar penyebab banjir dan longsor adalah pengelolaan PLTA Koto Panjang Riau yang kurang baik.

“Hal ini telah kami tembuskan agar dari pihak pengelola bisa mengatasi persoalan ini, sehingga tidak lagi terjadi kejadian yang sama yang sangat merugikan masyarakat,” sebutnya.

IP menambahkan, bantuan logistik berupa pakaian, selimut, kasur, makanan, dan obat-obatan juga telah diupayakan agar tersedia. Sehingga tidak menimbulkan ekses pada kesehatan masyarakat.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top