Kaba Terkini

8 Keutamaan Berzikir Pagi dan Petang

Sebagai hamba Allah hendaklah senantiasa kita bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan. Adapun tanda-tanda dari orang yang bersyukur ia akan selalu berzikir, mengingat Allah dalam setiap keadaan baik susah maupun senang.

Banyak manfaat yang dirasakan ketika kondisi hamba dan Tuhannya selalu terikat dalam Asma-Nya keadaan pagi maupun petang. Seperti tertuang pada salah satu hadist yang mengatakan Dari Anas bin Malik, berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat Shubuh sampai terbit matahari lebih aku sukai dari memerdekakan empat orang budak dari anak Isma’il. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat ‘Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai dari memerdekakan empat orang budak.’”  (HR. Abu Dawud)

Begitu banyak keutamaan – keutamaan yang didapat oleh orang yang senantiasia berzikir kepada Allah, berikut beberapa keutaman dari zikir Pagi dan Petang.

  1. Segala sesuatu akan Allah cukupkan untuknya
  1. Menjadi penghuni Syurga
  1. Mendapat ridho Allah pada hari kiamat
  1. Menjadi orang terbaik di hari kiamat
  1. Berpahala seperti membebaskan 10 orang budak, dicatat 100 kebaikan, dihapus 100 kesalahan, terjaga dari gangguan setan, dan merupakan sebaik-baik amalan.
  1. Tidak ada yang dapat memudhorotkan
  1. Mendapatkan syafa’at
  1. Mendapatkan pahala berlipat ganda

Untuk itu, marilah disadari betapa pentingnya berzikir dikala pagi dan petang, agar kita terhindar dari cobaan Allah. Amin ya Rabbal alamin.

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top