Kaba Terkini

3 Benteng Manusia dalam Kehidupan

Dalam kehidupan di dunia yang fana ini, musuh utama kaum Mu’minin adalah iblis dan para tentaranya. Mereka tiada henti berusaha untuk menghancurkan kaum Mukminin dengan berbagai macam cara agar kaum mu’minin tersesat dari jalan Allah yang lurus. Sebagaimana yang dijelaskan dalam surat Al-A’rof ayat 16 sampai 17. “ Iblis (menjawab) “sebagaimana enkau telah menyesatkan aku, aku selau akan menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus. Kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari arah depan, dari belakang, dari kanan dan kiri mereka, dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan dari mereka bersyukur, ” QS. Al A’rof/7  Ayat 16-17.

Dari ayat diatas, kita mengetahui betapa Iblis telah bersumpah untuk menyesatkan bani Adam dari jalan Allah, mereka berusaha menggoda bani Adam dari segala penjuru baik dari depan, belakang dan kedua sisi mereka.

Kaum mukminin (bani Adam) yang mengikuti jalan mereka dan tersesat akan masuk kedalam neraka, sedangkan Kaum mukminin yang taat kepada Allah akan mendapatkan kasih sayangnya Allah SWT sebagai benteng pertahanan mereka dari tipu daya Iblis dan tentaranya.

Dalam hal tersebut, benteng yang dimaksud bukan lah sebuah jimat atau sebagainya. Akan tetapi ada beberapa hal yang akan menjadi benteng bagi umat islam, seperti masjid, dzikir kepada Allah, dan membaca al-quran. Hal tersebut juga sudah di jelaskan oleh Ka’ab bin Ahbar seorang ulama yang masuk islam dizaman kekhalifahan sayyidina Umar RA.

  1. Masjid dianggap menjadi benteng, karena disitu tempat berkumpulnya malaikat, dan tempat orang–orang beribadah .
  2. Dzikir kepada Allah juga dianggap sebagai benteng terutama bacaan hauqolah yaitu “Tiada daya upaya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah yang maha tinggi lagi maha agung”.
  3. Kemudian Alquran yang juga bisa sebagai sebuah benteng, terutama bacaan ayat kursi yang terdapat disurat Albaqoroh ayat 255 .

Semoga dengan adanya ketiga benterng tersebut, kita dan keluarga dapat terhindar dari godaan syetan serta selamat dunia dan akhirat. Amin Ya Rabbal alamin.

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top