BPBD Kab. Agam

Jalur Batagak Longsor. Bukittinggi-Padang Panjang Macet Parah

Batagak, KABA12.com. Hujan lebat yang berkepanjangan sejak Senin siang hingga malam memicu longsor di ruas jalan Batagak, KM 7 Bukittinggi-Padang. Longsor yang terjadi pukul 20.30 WIB dekat SPBU Batagak menyebabkan pohon besar tumbang dan material longsor menimbun ruas jalan negara Bukittinggi- Padang itu. Akibatnya hingga berita ini diturunkan ruas jalan utama yang menghubungkan Padang Panjang- Bukittinggi itu putus total dan memicu kemacetan parah dari dua arah.

Informasi yang diperoleh KABA12.com dari Edi Irsal, pejabat kantor camat Sungai Pua, Senin malam menyebutkan, longsor terjadi dekat SPBU Batagak dimana satu pohon besar tumbang membelintang jalan sehingga ruas jalan putus total, ” sekarang macet parah , kendaraan dari dua arah berbeda sama sekali tidak bisa lewat akibat tumbangnya pohon besar,” jelas Edi Irsal Senin malam pukul 22.00 WIB.

longsor batagak 1Hingga berita ini diturunkan upaya evakuasi pohon besar masih akan dilakukan petugas terkait. Aparat BPBD Agam, tim Damkar Agam dan petugas kepolisian sudah meluncur ke lokasi kejadian untuk membersihkan ruas jalan yang tertimbun longsor dan terhalang kayu besar tersebut.

Informasi yang diperoleh kaba12.com kemacetan parah sudah sampai ke simpang Padang Lua ke arah Padang, sementara jalur ke arah Bukittinggi sudah sampai ke Pasa Rabaa dan kemungkinan akan sepanjang parah karena tidak ada jalur alternatif untuk pengalihan arus transportasi dari dua arah.

Kondisi ini diperparah hujan lebat yang terjadi hingga Senin malam sehingga proses pembersihan ruas jalan mengalami kesulitan.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top