Kaba Terkini

Program Menyemai Didorong Maksimal

Lubuk Basung, KABA12.com. — Program menyemai di kabupaten Agam terus didorong maksimal oleh OPD terkait. Proses pembibitan berbagai jenis tanaman unggulan dikonsentrasikan di kediaman bupati Agam oleh petugas khusus .

Saat ini, Pemkab Agam mengembangkan pembibitan tanaman produktif yang selama ini mulai langka ditengah masyarakat, padahal potensi konsumsinya tinggi, seperti jengkol, petai, alvokat, jambu, jambu biji, cabe merah, cabe rawit dan berbagai jenis tanaman lain.

arief restuMenurut penanggungjawab kebun bibit kabupaten Agam Arief Restu kepada KABA12.com di kebun bibit bupati Agam, bibit berbagai jenis tanaman produktif yang dikembangkan saat ini di kabupaten Agam menjadi menu rutin yang disebar ke berbagai nagari saat ini.

Dijelaskan Arif Restu, program Agam Menyemai menjadi agenda berkelanjutan di kabupaten Agam, dimana seluruh unsur terlibat dalam proses pembibitan, penanaman dan distribusi pada masyarakat sampai ke tingkat nagari, “ ini agenda prioritas sesuai instruksi bupati Agam, “tegasnya.

Arief Restu, yang sekretaris Dinas Ketahanan Pangan-Holtikultura Agam itu menyebutkan, di wilayah Agam masih sangat banyak lahan kosong produktif yang harus ditanami masyarakat, tidak hanya areal perkebunan warga, areal hutan termasuk kebun rumah yang potensial memberi manfaat untuk menutupi kebutuhan keluarga, terutama untuk pangan dan jadi sumber keuangan keluarga.

Jabaran komitmen bupati Agam terkait dengan program Agam Menyemai justru melibatkan unsur masyarakat secara utuh, pemerintah mensupport bibit-bibit tanaman yang disebar ke masyarakat, dan masyarakat bertanggungjawab menanam dan memelihara untuk dinikmati oleh masyarakat itu sendiri.

” Sesuai program yang dicanangkan, kami akan terus mensuplai berbagai jenis bibit yang akan dibagikan pada masyarakat dan selalu menjadi oleh-oleh bupati Agam, wakil bupati dan sekab Agam setiap berkunjung ke berbagai nagari dan saat menghadiri acara-acara resmi, “ulas Arief Restu lahi.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top