Kaba Terkini

Atasi Masalah Sosial Dinsos Berikan Pembinaan

Bukittinggi, KABA12.com — Untuk meningkatkan taraf hidup warga, Dinas Sosial Kota Bukittinggi jalankan berbagai program pemberdayaan masyarakat miskin diantaranya program keluarga harapan (PKH), bantuan modal usaha bagi masyarakat miskin, serta melakukan pembinaan.

Kepala Dinas Sosial, Elvis Sahri Munir mengatakan, bantuan yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) itu disingkronkan dengan data Kementrian Sosial (Kemensos) sehingga penyalurannya tepat sasaran sesuai yang berhak menerima. “Ada 26 indikator permasalahan sosial yang kita tangani sesuai dengan Permensos No.8 tahun 2012, namun yang dominan di Bukittinggi itu, fakir miskin, pengemis, anak punk, disabilitas, dan kelompok minoritas,” kata Elvis saat ditemui KABA12.com di ruang kerjanya, Senin (29/02).

Untuk mengatasi persoalan sosial itu, pihaknya telah mengusulkan bantuan berupa modal usaha KUBE (Kelompok Usaha Bersama) fakir miskin yang hingga kini telah berjumlah 40 kelompok, bantuan dari program keluarga harapan yang tahun lalu sudah diterima 954 kepala keluarga, hingga bantuan alat gerak dan alat pendengaran bagi penyandang cacat (disabilitas). “Kita berdayakan semua, kita kembangkan bakat yang dimiliki oleh masyarakat, dengan begitu kita kembangkan SDM mereka sehingga mampu mengatasi kesulitan ekonomi mereka secara mandiri,” terangnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top