Kaba Terkini

Danau Tercemar Parah Warga Paksakan Berkaramba

Maninjau, KABA12.com — Kondisi Danau Maninjau Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam yang tercemar parah masih dipaksakan warga untuk mengaktifkan kembali budidaya ikan jaring apung ( KJA) . Kondisi ini kembali.memicu kerugian besar karena usai menebar bibit dalam KJA beberapa hari langsung memutih di permukaan danau karena keracunan.

Seperti diakui Zal (40) warga Nagari Sungai Batang, Tanjung Raya, Agam, kepada KABA12.com. Dikatakannya sebagian warga nekad mencoba berkaramba di pinggiran danau Maninjau walau diakui resiko besar menghadang mereka. “Ada beberapa peternak yang masih memaksakan untuk berkaramba, walaupun tidak banyak, hanya 1000 bibit dalam satu karamba, ” ujarnya.

Kepala Dinas Perikanan Kelautan Dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam, Ermanto berharap masyarakat sekitar danau bersabar, mengingat kondisi air danau masih tercemar berat, jika dipaksakan hasilnya tidak akan memuaskan. “Kondisi danau sedang tidak stabil, apa lagi beberapa hari ini sering terjadi angin darek, kita takut tubo danau akan naik kembali,” ujarnya kepada KABA12.com, Jum’at (17/02).

Ermanto mengingatkan, sambil menunggu pemulihan kondisi danau serta pengesahan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penetapan KJA, alangkah baiknya sementara waktu masyarakat bercocok tanam dengan peogram “kembali ka darek”. “Saat ini DPKP sudah menyediakan bibit tanaman keras yang dalam waktu dekat ini siap disebarkan kepada masyarakat,” tutupnya.

(Johan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top