Kaba Terkini

Teknologi VR, Langkah Dalam Meneliti Kanker dan Tumor

Tekno, KABA12.com — Perkembangan Ilmu teknologi yang semakin pesat sudah banyak merambah diberbagai aspek kehidupan, salahsatunya bidang kesehatan. Hal tersebut terbukti dengan pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) yang digunakan untuk meniliti kanker dan tumor.

Seperti yang dilansir warta10.com melalui Digital Trends, penelitian tersebut dilakukan oleh Ed Boyden yang merupakan  ilmuwan saraf dari Massachussets Institute of Technology (MIT) dengan menciptakan tumor buatan. Tumor ini nantinya  akan dieskploitasi dengan VR Headset dengan cara mengambil biopsi dari tumor dengan sodium polyacrylate, yang ukurannya akan ditingkatkan sekitar 100 kali. Setelah itu, akan dilakukan analisa dari luar maupun dalam oleh tim bedah untuk melihat dari apa tumor itu bisa terbuat, serta membuat gambar 3D berdasarkan jaringan biopsi yang disaksikan dokter di aplikasi VR.

Nantinya, gambar 3d tersebut akan mengeluarkan beberapa data terkait fungsi sel, cara berinteraksi, hingga tata letak dari tumor tersebut.

Boyden menjelaskan langkah ini bertujuan untuk membantu pasien dalam memahami kondisi yang sedang mereka alami. “Kami bertujuan untuk membantu pasien memahami kondisi mereka. Kami juga ingin membantu para dokter untuk mengetahui subtipe kanker atau tumor pasien lebih mudah dengan data yang disajikan di VR, ketimbang melakukan metode manual atau pengujian kimia,” tutur Boyden.

(Dany)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top