Kaba Terkini

Talempong Cenderamata Buat Suku Maory

Agam, KABA12.com — Dalam kunjungannya ke kecamatan Sungai Pua kabupaten Agam, Kamis (09/02), suku Māori menyempatkan diri melihat proses pembuatan alat musik talempong milik Datuak Mangkuto Saripado.

suku maori 7Rombongan suku Māori yang dipimpin kepala sukunya Joe McLeod, langsung melihat proses pembuatan talempong tersebut. Takjub akan proses pembuatan talempong yang cukup rumit dan membutuhkan keahlian khusus, suku Māori memutuskan untuk membeli satu set (6 buah) talempong untuk dipelajari lebih lanjut di kampung halamannya. “Its unique, I love it (ini unik saya, suka itu),” ucap Joe McLeod.

Kedatangan suku Māori di kecamatan Sungai Pua menjadi kebanggaan tersendiri bagi Syafrizal yang baru beberapa hari dilantik sebagai Camat Sungai Pua, “Alhamdulillah, kita senang sekali dikunjungi tamu negara yang khusus datang ke kabupaten Agam, dan berkunjung ke Sungai Pua, suku Māori menyukai talempong kerajinan khas daerah kita, itu buktinya mereka langsung membelinya tadi,” ungkap Syafrizal saat diwawancarai KABA12.com.

Camat Sungai Pua berharap dengan kunjungan suku Māori, akan memancing bertambahnya kunjungan dari turis luar, “kita akan terus mencoba mengembangkan ekonomi masyarakat kita ini, terutama terhadap pengrajin,” tegasnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top